DetikHot

main-stage

Cerita Vidi Aldiano yang Kini 'Tak Sejalan'

Rabu, 18 Apr 2018 13:22 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Cerita Vidi Aldiano yang Kini Tak Sejalan Vidi Aldiano Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Di awal tahun lalu, Vidi Aldiano berkelana ke Amerika Serikat dan pulang dengan sebuah lagu berjudul 'Tak Sejalan'. Single tersebut kemudian dirilis baru-baru ini, pada awal April 2018.

Bertandang ke kantor detikHOT, Vidi Aldiano bercerita musik dari lagu tersebut berangkat dari pengalamannya menonton pertunjukan Broadway saat tengah berlibur di Amerika Serikat tersebut. Menurutnya, musik yang dibawakan di atas panggung itu berhasil menerjemahkan apa yang ingin disampaikan kepada para penontonnya.

Kekaguman pria kelahiran 29 Maret 1990 kepada pertunjukan Broadway yang ditontonnya itu pun langsung mengilhaminya untuk menulis lagu dengan nuansa musik serupa.

"Referensi kuat dari musikal Broadway sebenernya. Karena waktu itu gue di Amerika nonton beberapa Broadway dan mind-blowing banget sih, apa yang gue tampilkan di Broadway sana, sama apa yang gue rasakan itu kaya kena banget dan ada satu dimana gue nonton mereka dan gue nangis, ternyata ada musik yang sekuat itu," tuturnya kepada detikHOT, baru-baru ini.


"Di situ jadi gue terinspirasi bikin musik yang musikal dan semoga itu bisa sekuat apa yang ditonton gue di Broadway," sambungnya.

Setiba di Jakarta, Vidi Aldiano pun menemui trio komposer yang juga pernah membantunya di album ketiga yang bertajuk 'Persona', mereka adalah Lale, Ilman, dan Nino. Bersama ketiganya, Vidi kemudian merampungkan dan memoles lagu tersebut.

Kendati sudah pernah bekerja sama dengan trio pencipta lagu itu sebelumnya, ada alasan yang membuat Vidi memilih untuk berkolaborasi kembali dengan ketiganya.

"Mereka bisa merealisasikan apa yang ada di halu-halunya otak gue, kreasi-kreasi yang ada di otak gue saat gue bikin lagunya, gue udah kebayang seperti apa, even sampe visual-nya gue juga terbayang seperti apa. Untuk bisa bekerja sama dengan yang bisa mengartikan apa yang gue maksud di otak gue menjadi kenyataan itu nggak gampang dan mereka ngerti, frekuensinya sama kaya gue," terang Vidi.


Secara lirik, lagu 'Tak Sejalan' terinspirasi dari hal personal yang Vidi Aldiano alami. Menurutnya, lagu tersebut adalah bentuk dari curahan hatinya.

Ia mengaku, beberapa waktu ke belakang, dirinya memang tengah ingin membagi ceritanya kepada para pendengarnya.

"Single 'Tak Sejalan' ini, it's a story telling song, gimana ada orang yang berharap sama orang lain, tapi hal itu nggak bisa terjadi, jadi tema lagu ini agak-agak sedih, based on my true story juga pas gue lagi galau-galaunya. Ngerasa bahwa apa yang kami inginkan dan usahakan, ternyata end product-nya nggak sesuai sama apa yang kami harapkan," bebernya.

Vidi AldianoVidi Aldiano Foto: Asep Syaifullah
Menulis sendiri kisahnya dalam lagu diakui Vidi memang ampuh untuk memudahkan dirinya menyampaikan emosi kepada penonton ketika manggung. Hal ini yang membuatnya sangat menikmati pekerjaanya sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu.

"Karena ketika kita bisa membawakan emosi yang jujur dari sebuah karya, pesan dari lagunya tersebut jauh lebih bisa sampai ke taraf yang benar," katanya.

'Tak Sejalan' juga menjadi single pembuka dari album keempatnya yang rencananya akan keluar pada akhir 2018. Album barunya nanti sekali gue menandai 10 tahun Vidi Aldiano berkarier di industri musik Tanah Air.

"Menurut gue ini lagu paling jujur dari beberapa lagu yang gue tulis. Ini paling cepet juga gue tulisnya, nggak tahu ya, gueudah punya bayangan aja akan seperti apa pas nulis, jadi nggak ada salahnya yang ini gue rilis lebih dulu," ujarnya lagi saat ditemui di sela-sela manggung pada acara d'Hot Music Day, baru-baru ini.

Tidak hanya bercerita, Vidi Aldiano juga membawakan 'Tak Sejalan' pertama kali di detikHOT. Penasaran? Nantikan aksinya hari ini di detikHOT!
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed