DetikHot

main-stage

'A New Chapter', Bab Baru di Karier Musik Rossa

Rabu, 16 Ags 2017 12:04 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
A New Chapter, Bab Baru di Karier Musik Rossa Rossa Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Penyanyi Rossa telah sekian lama malang melintang di industri musik Tanah Air. Sejak merilis album pertamanya, 'Nada-nada Cinta' yang rilis pada 1996, namanya langsung diperhitungkan.

Belum lama ini, Rossa kembali merilis album. Kali ini album ke-7 miliknya diberi judul 'A New Chapter'.

Dalam sebuah perbincangan bersama detikHOT, Rossa bercerita mengenai albumnya tersebut.

"Album ini ada 9 lagu, 4 lagu berbahasa inggris, 5 lagu berbahasa Indonesia. Yang berbahasa inggris aku emang sengaja waktu itu terbang ke LA untuk merekamkan 4 lagu itu di LA dan waktu itu produsernya namanya Mitch Allen," ujar Rossa.

RossaRossa Foto: Asep Syaifullah
Rossa termasuk penyanyi yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Mitch Allen. Pasalnya, sang produser juga pernah menggarap sejumlah proyek musik untuk penyanyi-penyanyi internsional, sebut saja Demi Lovato, Kelly Clackson, hingga Selena Gomez.

"Jadi itu adalah kesempatan buat aku, buat kerja sama deh sama musisi intersional," kata Rossa.

[Gambas:Video 20detik]


Selama di Los Angeles, Amerika Seriktat, Rossa jadi melihat langsung bagaimana proses rekaman di Negeri Paman Sam tersebut. Menurutnya, prosesnya tak jauh berbeda dengan proses rekaman yang dilakukan di Indonesia.

"Jadi aku bisa ngebayangin kalau mereka nyanyi sama aja sama kaya kita juga. Mereka sama kaya penyanyi lokal di Indonsia, cara rekamannya kurang lebih sama lah," tuturnya.

Pengalaman Baru

Di kesempatan yang sama, Rossa juga mengungkapkan mengapa ia menamai albumnya dengan judul 'A New Chapter'.

Baginya, hal itu dikarenakan ada sejumlah hal-hal baru yang ia lakukan pada proses pengerjaan album ini.

"'A New Chapter' ini karena ini memang adalah hal yang baru. Banyak hal yang baru yang aku lakukan di album ini yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Lagunya, pemilihan musik, arranger sama songwriter-nya juga," ungkap penyanyi kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 ini.

Termasuk bekerja sama dengan sejumlah produser dan penulis lagu internasional juga merupakan pengalaman baru baginya.

RossaRossa Foto: Asep Syaifullah
Rossa pun bercerita awal perkenalannya dengan orang-orang yang membantunya tersebut adalah ketika ia mengikuti sebuah Writing Camp di Bali bersama puluhan penulis lagu dari berbagai negara.

"Aku akhirnya kenalan sama mereka, ngobrol malah jadi temenan. Akhirnya aku bilang, 'mau nggak bikinin lagu dong buat aku', mereka mau," cerita Rossa.

Diakuinya, banyak hal baru yang dia lakukan di album ini merupakan sesuatu yang menyenangkan. Rossa sangat menikmati proses adaptasi yang ia lakukan terhadap hal-hal baru tersebut.

"Menyenangkan banget. Akunya yang harus adaptasi karena kan aku pengen membuat sesuatu yang baru yang belum permah aku lakuin gitu," ucapnya.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed