7 Prestasi NCT Dream, Terbaru Raih Daesang di Seoul Music Awards 2023

ADVERTISEMENT

7 Prestasi NCT Dream, Terbaru Raih Daesang di Seoul Music Awards 2023

Diah Retno Andani - detikHot
Sabtu, 21 Jan 2023 11:04 WIB
NCT DREAM untuk album Candy
Foto: Dok. SM Entertainment
Jakarta -

NCT Dream debut pada tahun 2016 dengan single Chewing Gum. Grup yang beranggotakan Chenle, Jeno, Haechan, Mark, Renjun, Jisung dan Jaemin ini telah melalui berbagai rintangan selama berkarier di industri musik. Mereka terus membuktikan keberadaan dan popularitasnya dengan meraih berbagai prestasi yang membanggakan. Baru-baru ini mereka juga berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di Seoul Music Awards 2023.

Berikut deretan prestasi lain yang telah diperoleh NCT Dream:

1. Jadi Triple Million Seller

NCT Dream merilis satu album utama berjudul Hot Sauce dan satu album repackage berjudul Hello Future. Melalui kedua album tersebut grup asuhan SM Entertainment ini berhasil meraih predikat Triple Million Seller. Hot Sauce dan Hello Future memeroleh penjualan album tertinggi pada paruh pertama tahun 2021. Pencapaian ini menjadikan NCT Dream sebagai grup termuda yang berhasil meraih predikat tersebut. Prestasi ini juga disambut meriah oleh penggemar dengan membuat tagar #NCTDREAM_TripleMillionSeller di Twitter untuk mengapresiasi pencapaian sang idola.

2. MV ditonton 100 juta kali

[Gambas:Youtube]


Video musik (MV) menjadi salah satu bagian penting dalam comeback tiap grup. Setelah video musik Hot Sauce dirilis, NCT Dream tak membutuhkan waktu lama untuk menarik lebih banyak penonton. Video musik tersebut berhasil mencapai 100 juta penonton dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Pencapaian ini membuatnya masuk ke dalam deretan video musik tercepat yang bisa mencapai angka tersebut dalam waktu singkat. Tak hanya video musik Hot Sauce, video musik Boom yang dirilis terlebih dulu juga telah memiliki 100 juta penayangan di YouTube.

3. Pecahkan rekor dengan Glitch Mode

NCT Dream kembali memecahkan rekor penjualan tertinggi hanya dalam waktu 3 hari dengan album Glitch Mode. Bersumber dari Hanteo Chart, album ini meraih pencapaian yang luar biasa. Glitch Mode hanya membutuhkan waktu 17 jam 8 menit untuk mencapai 1 juta kopi penjualan. Ini lebih cepat dibandingkan album Hot Sauce yang membutuhkan waktu enam hari. Prestasi ini membuat NCT Dream masuk ke dalam sejarah grup yang berhasil melampaui 1 juta kopi penjualan di minggu pertama perilisan album. Berdasarkan catatan dari Hanteo Chart, NCT Dream kini jadi grup ketiga yang bisa mencapai prestasi tersebut setelah BTS dan Seventeen.

4. All kill di Melon chart

[Gambas:Youtube]


NCT Dream belum lama ini melangsungkan comeback spesial dengan merilis lagu Candy. Ini merupakan versi remake dari lagu milik grup H.O.T. yang dirilis pada tahun 1996. Sehari setelah dirilis, lagu tersebut langsung melejit ke urutan pertama di tangga lagu Top 100 Melon yang merupakan salah satu situs straming musik terbesar di Korea Selatan. Tentu pencapaian ini membuat mereka menjadi grup ketiga yang bisa meraih all kill di Melon chart pada tahun 2022. NCT Dream menyusul BIG BANG yang sebelumnya juga meraih prestasi tersebut dengan single Still Life dan BTS dengan single Yet to Come.

5. Borong 4 penghargaan di The Fact Music Awards

Digelar pada 8 Oktober 2022, The Fact Music Awards jadi salah satu acara yang memberikan apresiasi pada para musisi Korea Selatan. Dalam penghargaan ini NCT Dream berhasil memenangkan 4 kategori di antaranya Artist of the Year (Bonsang), Worldwide Icon, Best Performer, dan Listeners' Choice.

6. Raih 2 Daesang Genie Music Awards 2022

Daesang menjadi penghargaan tertinggi yang selalu diimpikan oleh banyak artis maupun grup K-pop. NCT Dream berhasil memenangkan penghargaan tersebut dalam Genie Music Awards 2022. Acara ini menjadi salah satu acara penghargaan musik yang selalu ditunggu oleh banyak penggemar. NCT Dream berhasil membawa pulang 2 dari 3 Daesang yang ditentukan lewat 60 persen skor digital di Genie Music dan 40 persen berdasarkan penilaian juri. Mereka meraih penghargaan Top Artist dan Top Album lewat album kedua mereka, Glitch Mode.

7. Raih Daesang di Seoul Music Awards 2023

[Gambas:Youtube]


Seoul Music Awards merupakan penghargaan musik tahunan yang telah diadakan sejak tahun 1990. Kini penghargaan tersebut baru saja digelar pada 19 Januari 2022 yang dipandu oleh pembawa acara Minho SHINee, Mijoo Lovelyz, dan Kim Il Joong. Grup asuhan SM Entertainment ini kembali meraih penghargaan tertinggi. NCT Dream berhasil memenangkan Daesang di Seoul Music Awards 2023. Tentu hal ini menambah pencapaian dari grup tersebut di industri musik Korea Selatan. Melalui acara ini mereka juga memenangkan penghargaan utama 'Bonsang' bersama dengan rekan satu agensi seperti Aespa, Red Velvet, Taeyon SNSD dan GOT the beat.

Simak Video 'NCTzen Siap-siap! NCT DREAM Konser di Indonesia 3 Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT