Perbedaan Konser NCT 127 Hari 2 Imbas Rusuh Hari 1

ADVERTISEMENT

Perbedaan Konser NCT 127 Hari 2 Imbas Rusuh Hari 1

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 05 Nov 2022 13:25 WIB
Alifia Selma Safira
Foto: (dok. Alifia Selma Safira/detikcom)
Jakarta -

Konser NCT 127: 2nd Tour Neo City: Jakarta - The Link hari kedua akan digelar Sabtu (5/11/2022). NCTzen sudah memadati ICE BSD sejak pagi buat menyaksikan penampilan idola mereka. Sayang sekali akan ada hal yang berbeda dari konser hari kedua, yakni ditiadakannya gimmick lempar bola.

Hal itu terjadi lantaran kerusuhan di hari pertama. Diketahui saat gimmick lempar bola dilakukan, penonton jadi rusuh dan dorong-dorongan sehingga memicu 30 orang pingsan karena berdesak-desakan. Pada akhirnya, konser harus dihentikan secara paksa sebelum waktunya.

Polisi memberikan keterangan soal insiden tersebut. Mereka menyebut bahwa gimmick lempar bola jadi penyebab banyak penonton yang pingsan dan dorong-dorongan. Sehingga diputuskan untuk konser NCT 127: 2nd Tour Neo City: Jakarta - The Link hari kedua gimmick ini ditiadakan.

"Tidak ada lagi lempar-lempar bola ke penonton dan sebagainya yang memancing adanya interaksi langsung penyanyi dan penonton sehingga membuat dorong-dorongan yang bisa membuat jatuh pingsan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Sabtu (5/11/2022).

Promotor konser, Dyandra Global Edutainment, menambah pasukan keamanan buat konser NCT 127 hari kedua. 100 polisi akan ditempatkan di dekat panggung untuk bersiaga dan berjaga-jaga apabila terjadi kerusuhan lagi. Selain itu, pihak promotor juga menambah tim paramedis di dekat panggung.

Kerusuhan hari pertama disebut-sebut terjadi karena kurangnya kontrol pihak keamanan. Polisi menyebut hanya ada 20 personel di lokasi saat kejadian sehingga dirasa kurang cukup untuk menangani penonton yang dorong-dorongan. Hari ini akan ditambah 80 personel.

"Aparat keamanan, khususnya dari kepolisian, kan kemarin yang bisa berada di dekat panggung cuma 20 personel kepolisian. Nah, ini ditambah menjadi 80 personel kepolisian," jelas Zulpan.

Konser NCT 127 hari pertama harus dihentikan paksa. Karena itu pihak promotor pun minta maaf kepada fans, NCT 127, dan SM Entertainment. Berikut ini pernyataan resmi dari Dyandra:

Dyandra Global Edutainment selaku promotor NCT 127: 2nd Tour Neo City: Jakarta - The Link menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas pemberhentian konser hari ini sebelum waktunya. Keputusan ini dibuat demi keamanan dan keselamatan para penonton.

Kami telah menginformasikan tentang ketentuan umum dan prosedur keselamatan sebelumnya dan juga tenaga keamanan terus selalu menjaga ketertiban selama acara berlangsung. Akan tetapi, hal yang disayangkan terjadi di penghujung konser. Ketertiban mulai hilang di bagian standing sehingga terjadi kekacauan, yang mengaruskan konser dihentikan demi keselamatan penonton.

Untungnya tidak ada korban luka, namun karena keselamatan dan keamanan penonton adalah prioritas kami, penghentian konser tidak dapat dihindari.

Kami meminta maaf untuk para penonton day 1 NCT 127 karena tidak bisa menikmati konser hingga akhir.

Kami juga meminta maaf kepada seluruh member NCT 127 dan SM Entertainment karena tidak dapat mewujudkan konser yang diinginkan.

Karena keselamatan dan pengalaman menonton konser yang aman adalah hal yang kami inginkan, untuk day 2 kami akan menambahkan lebih banyak petugas paramedis dan juga tenaga keamanan.

Kami juga terus bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat dan berusaha untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terulang kembali.

Kami berharap untuk para penonton day 2 untuk dapat terus menjaga prosedur keselamatan selama acara berlangsung.

Terima kasih.

Simak Video 'Kesaksian NCTzen Saat Kericuhan Terjadi di Konser NCT 127 Day 1':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT