Album Proof Adalah Jiwa BTS, Sebuah Rekam Perjalanan

ADVERTISEMENT

Album Proof Adalah Jiwa BTS, Sebuah Rekam Perjalanan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 10 Jun 2022 11:28 WIB
BTS
Foto: Konsep foto BTS untuk album Proof (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

Dalam sembilan tahun kariernya, BTS tak pernah lupa berbagi momen penting dengan para fans, ARMY. Selain ungkapan terima kasih, tak satu-dua kali mereka menciptakan lagu yang didedikasikan untuk fans.

Begitu juga di album Proof yang baru saja dirilis bersamaan dengan lagu utama, Yet to Come (The Most Beautiful Moment) pada hari ini, 10 Juni 2022. Berkonsep antologi, album ini terdiri dari 3 CD yang menggambarkan masa lalu, masa kini, dan masa depan BTS.

Tentu saja, semua melibatkan ARMY. Karena berdasarkan pernyataan yang dirilis BTS sebelum album resmi bisa didengarkan, J-Hope menyebut album Proof merupakan koleksi dari setiap kisah yang mereka bagi bersama ARMY.

"Album ini semakin spesial karena berisi waktu dan memori kami apa adanya," jelas J-Hope.

Bagi BTS, album Proof adalah gambaran dari jiwa mereka. Dimulai dengan Born Singer di CD pertama, lagu ini memang tidak dirilis secara resmi seperti lagu-lagu lain. Namun, Born Singer punya tempat khusus di hati BTS, juga ARMY, karena bercerita tentang isi hati BTS soal terwujudnya impian menjadi musisi.

[Gambas:Youtube]

Album Proof pun diakhiri dengan lagu baru bertajuk For Youth yang ditempatkan di CD ketiga, CD yang tidak dirilis secara digital. Lagu ini diciptakan khusus untuk ARMY dengan menggunakan sampel dua lagu spesial, EPILOGUE: Young Forever dan HYYH: Young Forever. Lagu dimulai dengan sorakan ARMY dari konser BTS yang sebenarnya.

Di antaranya, BTS seperti mengajak ARMY untuk kembali mengingat momen-momen penting dalam karier mereka. Mulai dari debut, penghargaan pertama, hingga ketika akhirnya BTS menembus batas dan menjadi grup asal Korea Selatan yang namanya disebut-sebut di berbagai penjuru dunia.

Suga pun merekomendasikan ARMY untuk mendengarkan album Proof dari awal hingga akhir secara berurutan. Karena dengan begitu, ARMY bisa sama-sama melihat kembali perjalanan yang sudah dilalui BTS dari debut hingga mencapai titik sukses saat ini.

"Kami merasa terhormat bisa merekam perjalanan kami selama sembilan tahun. Aku berharap para pendengar nantinya bisa kembali mengenang masa-masa itu sambil mengikuti langkah kaki kami," ujar Suga.

Proof dirilis 11 bulan setelah BTS merilis lagu hits Butter yang mendunia. Album ini juga menjadi album pertama mereka setelah merilis BE pada November 2020.



Simak Video "BTS Ungkap Tracklist CD-1 Album Antologi 'Proof'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT