Keuntungan Big 4 di Kuartal Empat 2021, HYBE Masih Tertinggi

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 02 Feb 2022 13:38 WIB
HYBE
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Memasuki tahun 2022, keuntungan Big 4, atau 4 manajemen K-Pop terbesar di Korea, akhirnya terungkap. Berdasarkan riset pakar industri, HYBE Labels masih menjadi agensi dengan keuntungan tertinggi.

Di kuartal empat tahun 2021, HYBE Labels mencatat penjualan sebesar 402,4 miliar Won atau senilai Rp 4,7 triliun. Ditambah laba operasional mencapai 72,3 miliar Won.

Pendapatan tersebut berhasil diraih berkat penjualan album Seventeen dan ENHYPEN yang mencapai 4,77 juta kopi pada kuartal keempat. Pakar industri juga menyebut tahun 2021 HYBE berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada BTS melalui artis-artis mereka seperti SEVENTEEN, TXT, hingga ENHYPEN.

SM Entertainment menempati posisi kedua dengan proyeksi penjualan di kuartal empat mencapai 192,7 miliar Won atau senilai Rp 2,2 miliar. Laba operasional diprediksi mencapai 18,4 miliar Won.

Sepanjang kuartal empat, SM Entertainment merilis comeback untuk sejumlah idolnya baik sebagai grup atau solo seperti NCT, aespa, Kai EXO, hingga Super Junior D&E. Mereka berkontribusi lebih dari 4 juta kopi dalam penjualan album.

Tahun 2022, SM Entertainment berencana untuk memperluas usahanya di area baru seperti Metaverse, NFT, dan masih banyak lagi.

Posisi ketiga ditempati oleh YG Entertainment dengan angka penjualan 77,2 miliar Won atau senilai Rp 919 miliar dengan proyeksi laba operasional sebesar 6,4 miliar Won. Sejumlah pakar industri menyebut keuntungan yang didapat YG Entertainment di kuartal empat sebagai sebuah 'kejutan' karena kurangnya dampak yang ditunjukkan oleh artis yang merilis comeback seperti Song Min Ho hingga Kang Seung Yoon.

Di sisi lain, YG Entertainment diprediksi akan memulai tahun 2022 dengan comeback sejumlah artis seperti TREASURE, BLACKPINK, dan WINNER. Mereka juga disebut akan mendebutkan girlband baru di paruh kedua 2022.

Di kuartal empat tahun 2021, penjualan JYP Entertainment berada di posisi empat dengan angka 58,4 miliar Won atau senilai Rp 695 miliar. Laba operasional perusahaan tercatat berjumlah 14,5 juta Won.

Sepanjang tahun 2021, Stray Kids memantapkan diri sebagai artis terlaris JYP Entertainment. Sementara TWICE hingga ITZY masih menunjukkan popularitas yang stabil di Korea maupun Jepang.

Tahun 2022, JYP Entertainment juga diprediksi akan mendapatkan tambahan laba dari artis rookie mereka Xdinary Heroes, NMIXX, hingga tim yang akan debut dari program audisi Loud.



Simak Video "Lay Hengkang dari SM Entertainment!"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)