6 Agensi Korea Ini Cuma Jadi 'Rumah' Satu Artis K-pop

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 09 Nov 2021 17:04 WIB
The Boyz
Foto: The Boyz (dok. Cre.ker Entertainment)
Jakarta -

Pada umumnya, berbagai agensi akan terus menerus mendebutkan berbagai grup dan solois di bawah naungan mereka. Bahkan, agensi seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment menaungi banyak grup K-pop dan solois.

Akan tetapi, ada pula beberapa agensi yang mendedikasikan semua sumber daya mereka hanya untuk satu grup atau solois. Berikut sederet agensi Korea yang hanya menaungi satu grup atau solois saja.

Yuk, simak!

1. Cre.ker Entertainment

The BoyzThe Boyz Foto: The Boyz (dok. Cre.ker Entertainment)

Cre.ker Entertainment merupakan label anak perusahaan milik Kakao M. Agensi ini berdiri pada 2016 dan pernah menjadi rumah untuk girlband Melody Day.

Akan tetapi, grup tersebut bubar pada 2018 dan kini Cre.ker Entertainment telah mendebutkan grup baru bernama THE BOYZ. Boyband ini memulai debutnya pada 2017 yang awalnya memiliki member sebanyak 12 orang, tapi Hwall hengkang dari grup tersebut pada 2019 karena masalah kesehatan.

2. Dreamcather Company

DreamcatherDreamcather Foto: (dok. ist)

Dari nama agensinya sudah bisa tertebak bahwa Dreamcather Company menaungi girlband rock, Dreamcather. Perusahaan ini telah menjadi rumah bagi grup tersebut sejak debut sebagai MINX pada 2014.

Awalnya, agensi ini dikenal sebagai Pungnyeon Entertainment, lalu berganti nama menjadi Happyface Entertainment hingga ganti lagi menjadi Dreamcather Company. Manajemen ini dulunya mendebutkan girlband Dal Shabet pada 2011, tapi grup tersebut telah lama hiatus sejak 2019.

3. BlockBerry Creative

LOONALOONA Foto: (dok. ist)

BlockBerry Creative didirikan sebagai anak perusahaan Polaris Entertainment pada 2016. Beberapa bulan setelah didirikan, agensi tersebut mulai memproduksi proyek pra-debut untuk girlband pertamanya, LOONA.

Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan nama tim trainee terbaru bernama Bebez yang berisikan tiga trainee yang sebelumnya pernah menjadi kontestan ajang perncarian bakat Girls Planet 999. Belum lama ini, BlockBerry Company juga dikabarkan tengah mengalami krisis keuangan.

4. High Up Entertainment

STAYCSTAYC Foto: (dok. ist)

High Up Entertainment yang juga dikenal sebagai High Up, adalah agensi hiburan Korea Selatan yang didirikan oleh duo produser Black Eyed Pilseung dalam kemitraan dengan CJ E&M, pada tahun 2017.

Pada Juni 2021, Kakao Entertainment mengumumkan akuisisi agensi tersebut. Perusahaan tersebut kini telah mendebutkan girlband, STAYC yang raih popularitas lewat lagunya bertajuk ASAP. Belum lama ini, mereka telah comeback dengan mempromosikan lagu, Stereotype yang sukses membuat grup tersebut mendapat first win di acara musik.

5. BE:LIFT LAB

ENHYPENENHYPEN Foto: (dok. Twitter)

Agensi yang sebelumnya dikenal sebagai BELIF+ ini didirikan pada 2018 sebagai kolaborasi antara HYBE dan CJ ENM. Anak perusahaan HYBE tersebut melatih beberapa kontestan I-LAND dan kini menaungi boyband ENHYPEN yang merupakan hasil dari ajang survival tersebut.

ENHYPEN memulai debutnya pada 2020. Kabarnya, I-LAND 2 akan diselenggarakan tahun depan untuk membentuk girlband baru yang berarti agensi tersebut akan segere menaungi artis baru lainnya.

6. EDAM Entertainment

IU, idol KPop awet mudaIU, idol KPop awet muda Foto: dok. Twitter

Jika agensi sebelumnya menaungi satu grup K-pop, tapi EDAM Entertainment justru hanya mendedikasikan semua hanya untuk IU. Pada 2020, manajer penyanyi bernama asli Lee Ji Eun tersebut bersama dengan semua anggota stafnya mendirikan perusahaan baru, EDAM Entertainment yang merupakan anak perusahaan Kakao M.

Tahun ini, manajemen tersebut juga mengontrak aktris Shin Se Kyung, tapi IU tetap menjadi satu-satunya solois dari agensi tersebut.



Simak Video "K-Talk Ep 89: Pesan Spesial THE BOYZ Buat Fans Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)