5 Lagu Ciptaan B.I iKON yang Wajib Kamu Dengar

Geralda Talitha - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 14:05 WIB
Kim Hanbin atau B.I IKON dari instagram.
Foto: Dok. Instagram/shxbi131
Jakarta -

Hari ini, Jumat (22/10/2021), B.I iKON tengah berulang tahun ke-25. Para fans nggak ketinggalan merayakan hari jadinya di Twitter dengan menggunakan tagar #HitmakerHanbinDay.

Nggak hanya dikenal sebagai leader iKON saja, bakatnya dalam menulis lagu membuat dia juga dikenal sebagai salah satu pencipta lagu terbaik di industri K-Pop. Bukan hanya untuk iKON, B.I seringkali juga menciptakan lagu buat sederet penyanyi populer Korea.

Hingga Juli 2021, sudah ada 75 lagu ciptaannya yang terdaftar di Korean Music Copyright Association (KOMCA). Lagu apa saja yang pernah diciptakan B.I? Ini daftarnya:

1. Empty - WINNER

[Gambas:Youtube]

Sebelum debut dengan iKON, penyanyi dengan nama asli Kim Hanbin ini pernah menciptakan lagu buat debut WINNER berjudul Empty. Bersama dengan Mino dan Bobby, B.I dikreditkan sebagia penulis lirik. Lagu ini masuk dalam album pertama WINNER yang berjudul 2014 S/S.

2. Love Scenario - iKON

[Gambas:Youtube]

Para iKONIC pasti sudah nggak asing lagi dengan lagu ini. Love Scenario adalah salah satu lagu yang diciptakan dan diproduser B.I, saat dia masih tergabung di iKON.

Lagu ini sukses menghantarkan iKON berada di titik puncak kariernya hingga mereka berhasil meraih sederet penghargaan bergengsi khususnya bagi B.I.

3. Whistle - BLACKPINK

[Gambas:Youtube]

B.I juga pernah menciptakan salah satu hits BLACKPINK yang berjudul Whistle. Dirinya dikreditkan sebagai penulis lirik bersama dengan Teddy dan Bekuh BOOM.

Whistle bahkan sukses meledak di dunia musik hingga membawa Jennie Cs meraih sederet penghargaan hingga berhasil menduduki peringkat ke-2 di Billboard buat tangga lagu digital dunia.

4. PSY - Bomb

[Gambas:Youtube]

Pemilik IOK Company ini juga pernah dilibatkan sebagai pencipta lagu buat seniornya di YG, PSY, lewat lagu Bomb. Nggak sendiri, dalam pembuatan lagu Bomb, B.I juga bekerjasama dengan sederet musisi lainnya seperti Jay Park, Yoo Gun Hyung, Bobby dan juga PSY.

Di lagu ini, PSY juga turut menggandeng B.I dan Bobby sebagai rekan duetnya.

5. No One - Lee Hi

[Gambas:Youtube]

Di 2019, B.I berkesempatan bekerjasama dengan Lee Hi, yang saat itu masih bernaung di YG Entertainment. Buat yang pertama kalinya, Lee Hi mempercayakan B.I mengerjakan lagu No One yang menjadi penanda comebacknya setelah hampir absen 3,5 tahun.

Bahkan dirinya juga digandeng sebagai rekan duet Lee Hi buat menyanyikan bagian rap di lagu ini.



Simak Video "JPU Tuntut B.I 3 Tahun Penjara Terkait Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)