Epik High hingga IU, 5 Musisi yang Pernah Diproduseri Suga BTS

Geralda Talitha - detikHot
Jumat, 15 Okt 2021 16:23 WIB
Suga BTS
Foto: Twitter @BTS_twt
Jakarta -

Selain sebagai rapper, Suga juga dikenal dengan bakatnya sebagai produser. Baru-baru ini, Suga bekerjasama dengan penyanyi asal Jepang, ØMI sebagai produser untuk lagu terbarunya yang berjudul ANSWER...SHINE yang dirilis hari ini, Jumat (15/10/2021).

Sebelum ØMI, Suga beberapa kali pernah bekerjasama dengan sederet musisi asal Korea Selatan hingga luar negeri untuk memproduseri lagu-lagu mereka. Siapa saja? Ini daftarnya:

1. Suran - Wine

[Gambas:Youtube]

Suga pernah memproduseri solois Suran lewat lagu Wine yang dirilis 2017 lalu. Nggak sendiri, dalam pengerjaan lagu Wine, Suga juga dibantu Slow Rabbit, June dan Changmo yang juga menjadi rekan duet Suran di lagu ini.

Ini menjadi kali kedua Suga bekerjasama dengan Suran, sebelumnya dia sempat menjadi rekan duet Suran di lagu So Far Away.

2. Epik High - Eternal Sunshine

[Gambas:Youtube]

Nge-fans berat dengan Epik High, di 2019 Suga akhirnya berkesempatan menjadi produser buat lagu Eternal Sunshine bersama dengan Tablo. Lirik yang diciptakan Suga dalam lagu ini, memiliki makna tentang kelelahan emosional yang muncul dari lingkungan masyarakat dan berisi nasihat buat tetap menjalani hidup selangkah demi selangkah.

3. Heize - We Don't Talk Together

[Gambas:Youtube]

Idol yang punya nama asli Min Yoongi ini juga pernah bekerjasama dengan solois Heize lewat lagu We Don't Talk Together. Lagu ini sebenarnya diciptakan Suga buat BTS.

Tapi karena dia merasa lagu ini nggak sesuai dengan gaya musik BTS, akhirnya dirinya menggandeng Heize buat menyanyikan lagu ini. Walaupun nggak dipromosikan, lagu ini sukses masuk chart musik dan berada di posisi pertama acara musik.

4. Halsey - Suga's Interlude

[Gambas:Youtube]

Penyanyi asal Amerika, Halsey juga pernah mengajak Suga buat jadi produser di lagu Suga's Interlude yang dirilis 2020. Halsey memang dikenal dekat dengan BTS, karena mereka pernah berkolaborasi dalam lagu Boy With Luv pada 2019.

Di lagu ini, Suga diminta buat menulis sebagian liriknya dalam bahasa Korea. Dia juga memasukkan penggalan kalimat dari lagu BTS berjudul Tomorrow di lagu ini.

5. IU - Eight

[Gambas:Youtube]

Kolaborasinya dengan IU menjadi salah satu duet paling populer di 2020. Dua musisi berbakat ini dipersatukan dalam lagu Eight. Nggak hanya menjadi rekan duet, IU dan Suga juga turut andil menciptakan lirik penuh makna di lagu Eight.

Lagu ini berkisah tentang hal-hal yang kerap menghantui setiap orang di usia akhir dua puluhan. Kesuksesan lagu Eight terlihat dari keberhasilannya menyapu setiap tangga lagu domestik dan internasional.



Simak Video "BTS Sukses Gelar Konser Offline Hari Pertama di LA"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)