BTS hingga EXO, 5 Idol Grup Paling Berpengaruh di Dunia K-Pop

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 16:41 WIB
BTS
Foto: (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

Musik K-Pop kini semakin banyak diminati para penikmat musik dan sudah diterima di kancah internasional. Kepopuleran musik K-Pop tentunya nggak lepas dari sederet idol grup yang berkontribusi besar membuat industri hiburan Korea semakin dikenal di mata dunia dan sederet prestasi membanggakan yang mereka raih di kancah internasional.

Berikut deretan idol grup yang dianggap punya pengaruh besar dalam industri K-Pop saat ini:

1. Wanna One

Wanna OneWanna One Foto: Wanna One (dok. Twitter/Wanna One)

Wanna One begitu populer saat debut pada 2017. Kepopuleran Daniel Cs ini terasa secara global, saat tiket konser mereka terjual habis dalam hitungan detik. Walaupun mereka hanya berkarier selama dua tahun, Wanna One konsisten menduduki peringkat no 1 di peringkat Boy Grup Brand Power yang dilakukan Institut Reputasi Perusahaan Korea.

Grup jebolan Produce 101 ini juga terpilih sebagai artis K-Pop Terbaik di 2017 dan posisi ke-2 di the Forbes Korea Power Celebrity List of 2018.

2. TWICE

TWICETWICE Foto: (dok. Instagram)

TWICE telah mencuri perhatian pecinta K-Pop saat mereka mengikuti program survival Sixteen. Kepopuleran mereka makin meroket, setelah Momo Cs debut di 2016 dan menyabet sederet penghargaan.

Hanya dalam waktu dua tahun, TWICE berhasil masuk peringkat di Forbes Korea Power Celebrity dan menjadi girlband pertama yang debut di posisi 18 dalam Billboard's 21 under 21 pada 2017.

3. BTS

BTSBTS Foto: (dok. ist)

Beragam rekor dan prestasi terus dipecahkan BTS sejak awal debutnya hingga saat ini. Grup yang dikepalai RM ini juga sukses menembus pasar musik internasional dan mampu meraih sederet prestasi di ajang penghargaan musik dunia.

Nggak heran, kalau BTS mendapat kepercayaan presiden Korea, Moon Jae In, menjadi utusan presiden untuk mempromosikan kerjasama internasional hingga mewakili presiden Korsel di masa pandemi.

4. Girl's Generation

Kepopuleran lagu Gee, membuat Girl's Generation meraih kesuksesan luar biasa di masa debutnya. Kontribusi mereka terhadap industri hiburan Korea Selatan, membuat grup asuhan SM Entertainment ini dianggap sebagai salah satu girl band paling menonjol dalam buda Korea Selatan. YoonA Cs bahkan mendapat sebutan sebagai girl grup no 1 di Asia oleh banyak media internasional.

5. EXO

'EXO''EXO' Foto: Twitter

EXO menjadi boyband pertama dengan sub-unit yang berbasis di Korea dan Cina. Sempat terbagi menjadi EXO-K dan EXO-M, tapi kini kedua unit itu telah bergabung menjadi EXO. Korea Selatan juga dibuat bangga, saat EXO tampil di acara penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Suho Cs juga mendapat medali peringatan yang diberikan Korean Mints Corporation atas kontribusi mereka dalam menyebarkan budaya Korea di kancah internasional.



Simak Video "Detail Seputar Album Solo Perdana D.O EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)