5 Fakta STAYC, Girlband Rookie yang Raih Piala Kemenangan Pertama

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 18:17 WIB
STAYC
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Pada Selasa (14/9/2021), STAYC berhasil meraih kemenangan pertamanya di acara musik SBS The Show dengan lagu STEREOTYPE. Trofi pertama ini didapatkan mereka sejak resmi debut pada Oktober 2020.

Album STEREOTYPE sendiri sudah dirilis pada 6 September lalu. Girlband rookie ini mulai mencuri perhatian lewat debutnya dan terus meraih popularitas hingga kini.

[Gambas:Youtube]

Yuk, kenalan dengan grup asuhan High Up Entertainment ini lewat sederet fakta sebagai berikut:

1. Grup yang Diproduksi oleh Black Eyed Pilseung

Kalau kamu pecinta musik K-pop pasti sudah tidak asing lagi dengan penulis lagu dan produser, Black Eyed Pilseung. Duo ini sudah dikenal melahirkan berbagai lagu hit, seperti Sistar-Touch My Body, Miss A-Only You, Twice-Like Ooh-Ahh, Cheer Up, TT, Likey, dan Fancy, dan Apink-I'm So Sick, Eung Eung, dan Dumhdurum.

Black Eyed Pilseung mendebutkan girlband pertama mereka, STAYC setelah mendirikan agensi High Up Entertainment.

2. Curi Perhatian Lewat Debutnya

[Gambas:Youtube]

STAYC resmi debut pada 12 November dengan merilis single album bertajuk Stay To A Young Culture dengan lagu utama SO BAD. Debut mereka ini mencuri perhatian netizen karena para member memiliki visual beragam, vokal yang solid, dan penampilan stabil yang tidak terlihat seperti sebuah grup baru.

Lagu SO BAD pun meraih peringkat teratas di real-time chart situs musik. MV mereka juga berhasil mendapat 1 juta penonton dalam waktu 7 jam setelah dirilis. Bahkan dalam 10 hari, video tersebut sudah meraih 10 juta kali ditonton.

3. Kebanjiran Membintangi Iklan

Popularitas yang mulai meningkat ditambah visual keenam member yang menawan membuat STAYC kebanjiran membintangi berbagai iklan. Mereka membintangi iklan produk kosmetik dan makeup, seperti Nature Collection, Dr. Belmeur, dan CODE GLOKOLOR.

Mereka juga menjadi model untuk brand tas Samantha Thavasa dan Myshell. Yoon dan J juga pernah menghiasi majalah Elle Korea.

4. Viral Lewat Lagu ASAP

[Gambas:Youtube]

Sebelum comeback dengan lagu STEREOTYPE, STAYC comeback pada 8 April lewat single album STAYDOM dengan lagu utama ASAP. Album tersebut berhasil terjual sekitar 35.518 eksemplar di Hanteo hanya dalam waktu seminggu.

Pencapaian ini menjadikan album STAYDOM sebagai album milik STAYC dan girlband yang debut pada 2020-2021 dengan penjualan tertinggi dalam waktu seminggu. Para netizen pun mulai ketagihan dengan lagu ASAP dan banyak mengcover tarian lagu tersebut. Lagu tersebut pun masuk ke dalam chart 24Hits Melon dan chart mingguan Billboard K-pop 100.

5. Raih Deretan Prestasi Lewat Album STEREOTYPE

[Gambas:Youtube]

Baru-baru ini, STAYC comeback dengan album terbarunya bertajuk STEREOTYPE. Setelah dirilis, album tersebut menjadi album milik STAYC dengan penjualan tertinggi dalam waktu seminggu di chart Hanteo dengan terjual sekitar 114.202 eksemplar.

MV dengan judul yang sama seperti nama album ini juga telah ditonton hingga 22 juta kali. Prestasi terbaru mereka adalah mendapat first win di acara musik The Show pada 14 September 2021.



Simak Video "K-Talk Ep 79: Cerita STAYC soal Nuansa Positif di Lagu 'ASAP'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)