Perjalanan Karier Luhan dari Debut hingga Jadi Eks EXO

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 20 Agu 2021 19:39 WIB
luhan
Foto: Instagram @luhanstudio7
Jakarta -

Luhan adalah salah satu penyanyi, aktor, dan bintang populer di Tiongkok. Sebelum fokus berkarier di negeri kelahirannya, nama Luhan mulai dikenal sejak debut menjadi member EXO.

Luhan pertama kali diperkenalkan oleh SM Entertainment pada 29 Desember 2011 lewat acara SBS Gayo Daejeon. Kala itu EXO belum resmi debut dan beberapa member tampil bersama artis SM Entertainment lainnya dalam sebuah panggung spesial.

Kemudian lewat teaser demi teaser debut member EXO diperkenalkan. Foto Luhan mulai dipajang di Facebook SM Entertainment dan video teaser-nya diunggah ke YouTube. Tak sedikit dari penggemar yang menyukai penampilan Luhan dengan wajah polos yang menggemaskan kala itu. Kemampuan menari Luhan juga dipamerkan lewat video teaser bareng Kai.

Ketika debut bersama EXO-M, Luhan didapuk sebagai salah satu vokalis utama. Bersama Chen, dia jadi member yang menyanyikan lagu What Is Love, single yang dirilis di awal debut EXO tahun 2012. Setelah itu, Luhan kerap kali jadi pusat perhatian dalam grup.

Lay 'EXO'Luhan dan Lay EXO Foto: SM Entertainment/Facebook

Di awal debut EXO, Luhan bersama EXO-M pernah tampil di Jakarta sebagai bintang tamu konser Super Junior Super Show 4 di tahun 2012. Di tahun yang sama pula Luhan menggantikan salah satu member SHINee saat tampil di SMTOWN Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di comeback Wolf tahun 2013, Luhan jadi pemeran utama dalam versi drama dari MV lagu tersebut. Dia beradu akting dengan Kai dan Yoon So Hee yang kala itu masih jadi salah satu artis SM Entertainment. Kemudian di comeback Overdose setahun kemudian, Luhan masih kebagian peran penting dalam storyline di universe EXO.

Pada Oktober 2014, di tengah tur pertama EXO dengan konser EXO Planet, kabar Luhan memutuskan kontrak dengan manajemen beredar. The Korea Herald menulis, Luhan mendaftarkan gugatan pemutusan kontrak eksklusifnya ke Seoul Central Distric Court. Tidak dijelaskan alasannya pada saat itu namun beberapa spekulasi mulai bermunculan.

Luhan disebut memutus kontraknya dengan SM Entertainment karena alasan yang sama dengan Kris yang keluar beberapa bulan sebelumnya. Korea Joongang menulis beberapa alasan di antaranya masalah kesehatan dan juga soal isu eksploitasi HAM dasar.

luhanLuhan Foto: Instagram @7_luhan_m

Sebelum memutuskan hengkang, Luhan disebut mengalami masalah kesehatan lantaran aktivitas dan jadwal terbang yang padat. Beberapa kali Luhan absen tampil dalam beberapa konser dan acara resmi EXO karena sakit.

Kini Luhan tetap tersohor di Tiongkok. Selepas EXO, dia sudah memerankan sederet film seperti The Witness dan Time Raiders. Dia juga main dalam serial televisi berjudul Fighter of the Destiny dan tampil dalam sederet variety show lokal di sana.

Sebagai penyanyi, Luhan pun telah merilis sederet album sejak 2015. Dia juga menjadi salah satu selebriti Tiongkok dengan bayaran paling tinggi kedua dalam daftar Forbes China Celebrity 100, persis di bawah pendapatan Fan Bing Bing.

Tahun 202 menjadi tahun keempat Luhan berpacaran dengan Guan Xiaotong. Ada yang menyebut keduanya sudah bertunangan. Keduanya kerap berbagi kebersamaan di media sosial masing-masing.

(aay/srs)