Suho EXO hingga RM BTS, Ini 5 Leader Grup K-pop Terbaik Versi Netter

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 19 Jul 2021 21:26 WIB
Wamil Hari Ini, Intip Potret Suho EXO dari Masa ke Masa
Foto: Dok. SM Entertainment
Jakarta -

Setiap grup K-pop baik boyband maupun girlband pasti tiap member memiliki posisinya masing-masing. Mulai dari vokalis hingga maknae (member termuda), para member mengemban peran tersebut agar grup lebih harmonis. Akan tetapi, menjadi seorang leader merupakan posisi paling sulit karena harus tanggung jawab yang besar.

Tidak hannya sekedar memimpin, tapi para leader ini juga mendorong dan membantu para member agar tetap harmonis dan kompak. Baru-baru ini, netizen Korea membuat postingan di komunitas online yang berisi tentang grup yang memiliki pemimpin terbaik versi mereka.

Siapa saja, ya? Yuk, simak artikelnya di bawah ini:

1. Suho EXO

Wamil Hari Ini, Intip Potret Suho 'EXO' dari Masa ke MasaWamil Hari Ini, Intip Potret Suho 'EXO' dari Masa ke Masa Foto: Dok. SM Entertainment

Tidak heran kalau Suho EXO dipilih oleh para netizen Korea sebagai leader terbaik versi mereka. Buktinya, popularitas EXO selalu berkembang dan bertahan sejak memulai debut pada 2012.

Menjalani masa trainee yang paling lama dibandingkan dengan para member yang lain membuat mentalnya menjadi semakin lebih kuat dalam menghadapi berbagai masalah.

Bahkan, ketika tiga mantan member EXO meninggalkan grup, Suho yang menyemangati para member lain dan sangat tegar. Pria bernama asli Kim Jun Myeon juga pernah berada di posisi 1 sebagai leader grup K-pop terbaik menurut netizen pada 2020.

2. RM BTS

RM BTSRM BTS Foto: dok. BTS official facebook

Kepopuleran BTS yang sampai menyentuh kancah internasional juga didukung oleh peran RM sebagai leader di BTS. Kepribadian yang baik dan sosok genius di dalam dunia musik menjadi salah satu faktornya.

Tidak hanya bertanggung jawab memikirkan para membernya, cowok bernama asli Kim Nam Joon ini juga sangat bekerja keras memproduksi musik hingga bisa membawa BTS di puncak popularitas. Meskipun sudah sangat terkenal, tapi dia tidak terbawa oleh ketenaran dan selalu rendah hati.

3. Kang Seung Yoon WINNER

Kang Seung YoonKang Seung Yoon Foto: dok. YG Entertainment

Jika biasanya leader dipegang oleh member yang paling tua, di WINNER posisi tersebut justru diemban oleh maknae, Kang Seung Yoon. Awalnya, saat masih mengikuti acara WIN: Who Is Next Mino yang didapuk menjadi leader, namun dia mengalami cedera sehingga digantikan oleh Seung Yoon.

Dia mengaku bahwa dirinya adalah sosok pemalas dan tidak bertanggung jawab, tapi itu semua berubah sejak Seung Yoon menjadi seorang pemimpin grup. Seung Yoon juga merasa bahwa ketenaran WINNER saat ini adalah hasil kerja sama dirinya dan semua member lain.

4. JR NU'EST

JR 'NU'EST'JR 'NU'EST' Foto: JR 'NU'EST' (dok. Produce 101 Season 2)

Sama halnya dengan WINNER, NU'EST juga memiliki leader yang sebenarnya bukan member tertua di grup, yaitu JR. Menjalani masa trainee yang paling lama di antara member lain dan member tertua Aron yang tidak familiar dengan kehidupan Korea karena besar di Amerika menjadi alasan dirinya didapuk menjadi leader.

Lewat wawancara beberapa waktu lalu, JR mengungkapkan bahwa kunci grupnya langgeng hingga kini adalah dengan saling menghormati satu sama lain. Perjuangan dirinya dan para member lain juga mengahantarkan NU'EST menuju popularitas pada 2020.

5. Hyojung OH MY GIRL

Hyojung Oh My GirlHyojung Oh My Girl Foto: (dok. ist)

Terakhir, ada Hyojung OH MY GIRL yang dinilai netizen Korea sangat baik dalam menjalankan tugasnya sebagai leader. Dikenal sebagai pribadi yang murah senyum, Hyojung juga menjadi leader yang sangat bekerja keras dan yakin bahwa grupnya akan meriah popularitas.

Usaha yang tidak mengkhianati hasil pun mulai terlihat dengan berbagai prestasi yang diraih OMG dari awal debut hingga sekarang.



Simak Video "Menantikan Gebrakan aespa Usai Resmi Gabung ke CAA"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)