Perjalanan Karier 2PM: Debut, Ditinggal Jay Park, hingga Comeback MUST

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 01 Jul 2021 08:07 WIB
2PM untuk album MUST
(Foto: dok. JYP Entertainment) Sudah 13 tahun berkarier di industri musik, begini perjalanan panjang 2PM dari dulu hingga sekarang.
Jakarta -

Setelah hiatus lima tahun karena menjalani wajib militer, akhirnya tahun ini 2PM kembali menyapa penggemar lewat album bertajuk MUST. Album yang baru dirilis ini menjadi album 2PM paling laris sepanjang karier mereka dengan terjual sebanyak lebih dari 31,4 ribu keping.

Para penggemar K-Pop pun dibuat nostalgia dengan penampilan mereka membawakan kembali lagu Hand's Up yang dirilis 10 tahun lalu. Baru suka 2PM karena kepincut drama Korea para pemainnya? Simak perjalanan karier boyband JYP Entertainment ini yuk!

1. Era Pre-debut

Sebelum debut resmi debut sebagai 2PM, para member sudah terlebih dahulu debut dengan grup bernama One Day yang merupakan hasil dari acara survival Hot Blood Men. Akhirnya, grup yang beranggotakan 11 orang ini dipecah menjadi dua grup, yaitu 2PM dan 2AM. 2PM sendiri terdiri dari 7 member diantaranya, Jaebum, Jun.K, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung. Grup ini fokus pada dance hip hop dan debut di bawah naungan JYP Entertainment.

2. Resmi Debut Pada 2008

[Gambas:Youtube]


2PM pun resmi debut pada 29 Agustus 2008 dengan merilis album berjudul Hottest Time of the Day dengan lagu utama 10 Out of 10. Konsep grup yang mereka angkat adalah para lelaki yang tangguh, macho, dan maskulin yang sangat berbeda dengan boyband kebanyakan saat itu. Saat itu, Jaebum menjadi leader di grup tersebut karena merupakan member tertua dan sudah diakui oleh para member lain bahwa dia yang paling berbakat.

3. Jaebum keluar dari 2PM

Saat 2PM sedang berada di puncak popularitas, Jaebum selaku leader tersandung kasus rasisme tentang unggahannya di akun MySpace. Saat itu, Jaebum sudah membuat permintaan maaf, tapi para netizen terus mendesaknya keluar dari grup. Akhirnya, pada September 2009 dia meninggalkan grup dan pulang ke Amerika Serikat. Imbas sknadal ini membuat 2PM membatalkan penampilan mereka di beberapa acara variety show. Jaebum kini menjadi solois dengan nama panggung Jay Park.

4. Semakin Populer Lewat Lagu Hand's Up

[Gambas:Youtube]


Popularitas 2PM pun semakin menanjak saat mereka full album bertajuk Hand's Up pada 2011. Walaupun promosi lagu tersebut hanya satu bulan setelah dirilis, tapi lagu ini sangat terkenal di Korea Selatan hingga kemancanegara. Bahkan, berkat lagu ini 2PM masuk nominasi diberbagai acara penghargaan bergengsi.

5. Debut Jepang

Mereka semakin melebarkan sayap dengan debut di Jepang lewat merilis lagu bertajuk Take Off yang ditampilkan sebagai lagu penutup dalam serial anime Blue Exorcist. Setelah itu, 2PM menggelar tur konser Jepang pertama mereka bernama 2PM 1st Japan Tour 2011 Take Off yang dimulai di Sapporo dan berakhir di Tokyo. Pada November 2011, mereka merilis studio album Jepang pertama berjudul Republic of 2PM.

6. Merilis Album Terakhir Sebelum Hiatus

[Gambas:Youtube]


Sebelum para member hiatus untuk berangkat menjalani wajib militer, mereka merilis album berjudul Gentlemen's Man pada September 2016 dengan lagu utama Promise (I'll Be). Pada 2018, lima dari enam anggota 2PM memperbaharui kontrak mereka dengan JYP Entertainment. Akan tetapi Taecyeon keluar dari JYPE dan masih tetap menjadi member 2PM. Selama hiatus, lagu mereka My House malah jadi viral.

7. Kembali Dengan Formasi Lengkap di 2021

[Gambas:Youtube]


Setelah beres menjalani wajib militer, 2PM pun kembali dengan formasi lengkap dengan merilis album MUST dan lagu utama bertajuk Make It. Tidak hanya sekedar merilis album, mereka juga tampil di acara variety show Knowing Bros yang akan tayang pada 3 Juli 2021 nanti. Album mereka yang baru dirilis sudah terjual lebih dari 31,4 ribu keeping dan menjadi album terlaris 2PM sepanjang karier mereka.

(aay/aay)