5 Idol K-Pop yang Pernah Ciptakan Lagu untuk Penyanyi Lain

Geralda Talitha - detikHot
Sabtu, 12 Jun 2021 06:00 WIB
Suga BTS
Foto: Big Hit Entertainment / BTS Official Website
Jakarta -

Untuk menunjukkan bakatnya di dunia musik, member group K-Pop tidak hanya menunjukaan kemampuannya dalam bidang menyanyi. Untuk bisa menghasilkan karya yang lebih variatif kepada pada fans, terkadang mereka mencoba hal baru salah satunya dengan menciptakan lagu.

Tidak hanya menciptakan lagu untuk grupnya saja, mereka bahkan juga menulis lagi untuk penyanyi lain. Tidak jarang pula, lagu-lagu yang mereka ciptakan berhasil menjadi hits dan disukai pecinta K-Pop.

Berikut deretan idol K-Pop yang pernah menciptakan lagu untuk penyanyi lain:

1. Suga BTS

SUGA 'BTS'SUGA 'BTS' Foto: SUGA 'BTS' (dok. YouTube)

Kemampuan Suga dalam memproduksi sebuah lagu tentunya sudah diketahui para fans. Tidak hanya membuat lagu untuk BTS, Suga juga beberapa kali pernah membuat lagu untuk penyanyi lain di luar agensinya.

Dia pernah menciptakan lagu untuk group idolanya, Epik High, bertajuk Eternal Sunshine. Lagu Eight milik IU dan We Don't Talk Together milik Heize, juga diciptakan oleh Suga, lo.

2. Mino WINNER

Mino WinnerMino Winner Foto: Fansite

Dikenal sebagai salah satu rapper yang jago membuat lagu, Mino WINNER ternyata juga pernah menulis lagu untuk dinyanyikan penyanyi lain. Tidak banyak yang tahu kalau Mino adalah pencipta lagu hits iKON, Rubber Band, dan Going Milk milik TREASURE.

Tidak hanya untuk group, Mino juga pernah menciptakan beberapa lagu utnuk album solo rekannya di New Journey To The West, Eun Ji Won SechsKies.

3. B.I iKON

Kim Hanbin atau B.I IKON dari instagram.Kim Hanbin atau B.I IKON dari instagram. Foto: Dok. Instagram/shxbi131

Kemampuan idol yang satu ini dalam menciptakan lagu sepertinya sudah banyak diketahui pecinta K-Pop. Tidak hanya dikenal sebagai pencipta sederet hits iKON, B.I diketahui terlibat dalam proses penggarapan lagu idol group lainnya, seperti BLACKPINK dan WINNER yang juga menjadi hits seperti Whistle dan Empty.

4. Soyeon (G)I-DLE

Soyeon (G)I-DLE.Soyeon (G)I-DLE. Foto: Instagram/@idle_soyeon

Tidak hanya punya kemampuan bernyanyi, kemampuan Soyeon (G)-IDLE dalam menciptakan sebuah lagu juga patut diacungi jempol. Karena setiap lagu yang diciptakannya selalu sukses.

Belum lagi, Soyeon selalu membuat lagu ciptaannya unik dengan beragam genre yang nggak membosankan. Beberapa lagu yang pernah dibuat Soyeon untuk penyanyi lain seperti Say My Name milik JBJ, No milik CLC, dan I Wanna Be yang dinyanyikan Key SHINee.

5. Hui PENTAGON

Hui PentagonHui Pentagon Foto: (dok. ist)

Tidak hanya menciptakan sederet lagu hits untuk grupnya, Hui juga pernah menciptakan lagu-lagu untuk group idol lainnya. Hui pertama kali menunjukaan kemampuannya dalam mengarang lagu dengan memproduseri artis jebolan program Produce 101 dengan lagu Naver.

Lagu debut WANNA ONE yang bertajuk Energetic juga merupakan hasil ciptaannya, lo. Dia juga pernah membuat beberapa lagu group K-Pop lainnya seperti WEi dan VAV.



Simak Video "Big Hit Jelaskan Kronologi Suga BTS hingga Jalani Operasi Bahu"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)