Hengkang dari Source Music Secara Mendadak, Begini Perjalanan Karier GFRIEND

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 19 Mei 2021 17:03 WIB
GFRIEND
Foto: dok. Source Music
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari girlband GFRIEND yang memutuskan untuk hengkang dari agensinya, Souce Music. Hal ini terungkap lewat pernyataan resmi agensi tersebut pada 18 Mei.

GFRIEND sendiri sudah menjalin kontrak eksklusif mereka dengan Source Music selama 6 tahun. Sudah banyak prestasi luar biasa yang diraih keenam member tersebut selama menjalani kariernya di industri hiburan Korea Selatan.

Berikut perjalanan karier GFRIEND dari awal debut hingga memutuskan hengkang dari Source Music. Yuk, simak!

1. Awal debut

[Gambas:Youtube]

GFRIEND resmi debut dengan beranggotakan enam member, yaitu Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji. Mereka merilis album bertajuk Season of Glass dengan lagu utama Glass Bead yang rilis pada 15 Januari 2015.

Di awal debutnya, GFRIEND cukup menarik perhatian para netizen dengan album yang bertengger diurutan 12 chart mingguan Gaon. Selain itu, video musik Glass Bead juga masuk ke dalam video K-pop paling banyak dilihat di seluruh dunia pada Januari 2015. Bahkan, Billboard memasukkan GFRIEND ke dalam daftar 5 Artis K-pop Teratas yang Ditonton tahun 2015.

2. Semakin dikenal lewat lagu Me Gustas Tu

[Gambas:Youtube]

Masih di tahun yang sama, GFRIEND melakukan comeback perdana dengan merilis album berjudul Flower Bud dengan single utama Me Gustas Tu pada 23 Juli. GFRIEND pun mulai menarik perhatian penggemar internasional setelah seseorang merekam penampilan mereka membawakan lagu Me Gustas Tu dengan kondisi panggung yang licin hingga sering terjatuh.

Meskipun begitu, mereka tetap profesional dan melanjutkan penampilan hingga selesai. Bahkan, jari Yuju sampai bengkok karena jatuh sebanyak lima kali selama pertunjukkan berlangsung.

3. Mendapatkan first win di acara musik dengan lagu Rough

Belum lama setelah debut, GFRIEND akhirnya menerima kemenangan pertama mereka di acara music The Show lewat lagu mereka bertajuk Rough. Selama masa promosi lagu tersebut, mereka mengumpulkan 15 piala kemenangan termasuk triple crown di acara M! Countdown, Music Bank, Show Champion, dan Inkigayo.

Lagu Rough juga menduduki peringkat teratas di Gaon chart semester pertama 2016.

4. Dikenal dengan kekompakan menari yang luar biasa

[Gambas:Youtube]

Selain dikenal dengan lagu yang easy listening, GFRIEND juga sangat dikenal dengan kekompakan menari yang sangat luar biasa. Hal ini diketahui saat mereka menjadi bintang tamu di acara Weekly Idol dengan mengambil tantangan bernama 2x Random Play Dance.

Mereka pun melakukan tantangan itu dengan sangat baik dan hampir sempurna dengan menari dua kali lebih cepat.

5. Memulai debut Jepang

[Gambas:Youtube]

Pada Mei 2018, GFRIEND melangsungkan debut Jepang dengan merilis album kompilasi bertajuk Kyo Kara Watashitachi wa: GFriend 1 st Best. Album debut ini berada diurutan no. 10 di tangga album mingguan Oricon.

Beberapa bulan setelahnya, mereka merilis album single Jepang pertama berjudul Memoria/Time for the Moon Night.

6. Comeback perdana setelah akuisisi Source Music oleh HYBE

Pada Februari 2020, GFRIEND merilis album terbaru bertajuk Labyrinth dengan lagu utama Crossroads. Comeback ini juga sebagai penanda GFRIEND setelah agensi mereka Souce Music diakusisi oleh Big Hit Entertainment yang kini menjadi bernama HYBE.

7. GFRIEND hengkang dari Source Music

Secara mendadak, Source Music mengumumkan bahwa GFRIEND tidak melanjutkan kontrak dan memutuskan hengkang dari agensi yang sudah bersama selama 6 tahun tersebut. Sayangnya, Source Music tidak menjelaskan secara pasti apakah GFRIEND akan bubar atau tidak. Hingga saat ini, para member pun belum ada yang muncul ke publik untuk menjawab kepastian girlband tersebut.



Simak Video "GFRIEND Putuskan Keluar Dari Agensi"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)