Perdana! ITZY Masuk Chart Billboard 200 Lewat Album GUESS WHO

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 11 Mei 2021 13:38 WIB
Ryujin ITZY
(Foto: dok Naver x Dispatch) Ini merupakan debut ITZY di chart Billboard 200. Meski sebenarnya nama ITZY tidak asing dalam sederet peringkat di situs musik tersebut.
Jakarta -

Sebuah pencapaian dilakukan ITZY lewat comeback-nya di tahun 2021 ini. Setelah tiga tahun debut, ITZY akhirnya berhasil masuk ke chart Billboard 200 lewat album GUESS WHO.

Masuknya ITZY ke chart Billboard 200 diumumkan oleh akun Twitter resmi Billboard Charts pada Senin (10/5/2021) malam. Dalam sebuah cuitan disebutkan bahwa album GUESS WHO berhasil menempati peringkat #148 di tangga lagu bergengsi tersebut.

Ini merupakan debut ITZY di chart Billboard 200. Meski sebenarnya nama ITZY tidak asing dalam sederet peringkat di situs musik tersebut.

Di Billboard, ITZY pernah menempati peringkat #11 untuk chart Social 50 di tahun 2020. Lalu beberapa album mereka termasuk yang terbaru GUESS WHO (di peringkat #2 saat ini) pernah menempati sederet peringkat di chart World Album seperti IT'Z ME di peringkat #5, Not Shy di peringkat #8, dan IT'Z ICY di peringkat #11.

Di kategori World Digital Song Sales, deretan lagu andalan ITZY seperti Dalla Dalla, Icy, WANNABE, dan Not Shy juga nangkring di sini. Lewat Dalla Dalla, ITZY berhasil menempati peringkat #2 untuk kategori World Digital Song Sales per tanggal 2 Maret 2019.

Sementara itu di chart Billboard K-Pop 100, ITZY sukses menempati peringkat #1 dengan Icy di tahun 2019. Lagu terbaru mereka rupanya belum tercatat masuk ke tangga lagu ini. Tapi deretan hits lain seperti Dalla Dalla, WANNABE, dan Not Shy berturut-turut menempati posisi #2, #2, dan #4.

Sebelumnya, GUESS WHO muncul perdana di tangga lagu album teratas Rolling Stone Top 200. Di tanggal 6 Mei 2021 lalu, album mini ini menempati peringkat #164 di tangga lagu tersebut.

Lewat GUESS WHO, manajemen JYP Entertainment sepertinya memfokuskan ITZY untuk promosi ke pasar Amerika Utara. Lagu baru mereka yang berjudul Mafia In The Morning adalah track ITZY yang paling beda dari deretan hits yang sudah dirilis sebelumnya.

Lagu ini juga jadi lagu paling sukses ITZY sejauh ini. Penjualan albumnya di pekan pertama mencapai 200 ribu kopi dan view MV di YouTube-nya pun jadi MV dengan penonton terbanyak dalam waktu singkat untuk ITZY, menurut JYP.

ITZY debut dengan DALLA DALLA di tahun 2019 dengan formasi Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna. Girlband ini merupakan generasi terkini dari JYP Entertainment usai sukses dengan TWICE dan sederet nama di masa lalu seperti Wonder Girls dan miss A yang kini sudah bubar.

Simak juga 'Bantahan JYP soal Lia ITZY Disebut Lakukan Bullying':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/doc)