5 Grup K-pop Jebolan Acara Survival yang Meraih Kesuksesan Besar

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 30 Apr 2021 21:43 WIB
I.O.I
Foto: YMC Entertainment.
Jakarta -

Kalau kamu pecinta K-pop pasti sudah tidak asing lagi dengan beragamnya acara survival. Acara tersebut menyeleksi puluhan para trainee dan disiarkan di televisi sehingga para penonton bisa melihat calon artis favorit mereka.

Walaupun, banyak grup K-pop jebolan acara seperti itu, tapi tidak sedikit dari mereka yang justru sangat populer dan meraih kesuksesan besar selama berkarier. Berikut sederet grup K-pop yang berasal dari ajang survival yang sukses besar dan meraih berbagai prestasi. Yuk, simak!

1. IZ*ONE

IZ*ONE Oneiric DiaryIZ*ONE Oneiric Diary Foto: Off the Record/Swing Entertainment

Girlband yang terbentuk dari ajang survival Produce 48 ini debut pada Oktober 2018 dengan beranggotakan 12 member. Pada saat memulai debut dengan lagu La Vie En Rose, IZ*ONE sudah meraih berbagai prestasi, seperti penjualan album Color*Iz yang terjual sebanyak 34 ribu eksemplar dan memecahkan rekor I.O.I.

Tidak hanya itu, grup ini juga memenangkan Artis Wanita Baru Terbaik di Mnet Asian Music Awards. Sayangnya, IZ*ONE sudah resmi bubar pada 29 April 2021 dan banyak yang menyayangkan pembubaran grup tersebut. Bahkan, media ternama, Forbes, menyebutkan bahwa pembubaran IZ*ONE merupakan kerugian besar pertama di industri K-pop pada 2021.

2. WANNA ONE

Wanna OneWanna One Foto: Wanna One (dok. Twitter/Wanna One)

Masih dari ajang survival Produce, ada boyband WANNA ONE yang debut pada Agustus 2017 dengan beranggotakan 11 member. Grup jebolan Produce 101 season 2 ini sudah memboyong banyak prestasi sebagai artis pendatang baru terbaik di berbagai acara penghargaan besar, seperti Mnet Asian Music Awards, Golden Disk Awards, Seoul Music Awards, dan masih banyak lagi.

Bahkan, Billboard memilih WANNA ONE sebagai Artis K-pop Terbaik 2017. Grup ini sudah bubar pada 2019 dan beberapa membernya saat ini disibukkan dengan aktivitas solo dan debut di grup baru.

3. TWICE

Teaser foto TWICE Eyes Wide OpenTeaser foto TWICE Eyes Wide Open Foto: dok. JYP Entertainment

Grup yang memulai debutnya pada Oktober 2015 ini merupakan hasil dari ajang survival SIXTEEN. Selama perjalanan kariernya, TWICE sudah sangat banyak meraih prestasi dan rekor yang membanggakan, seperti menjadi satu-satunnya girlband yang meraih piala daesang terbanyak sepanjang masa.

Bahkan pada 30 April, TWICE telah menerima Diamond Play Button dari YouTube karena akun resmi mereka sudah melampaui 10 juta subscribers. Saat ini, mereka dikabarkan tengah mempersiapkan comeback terbaru yang akan dirilis pada musim panas nanti.

4. TREASURE

TREASURETREASURE Foto: Dok. YG Entertainment

Boyband yang tengah naik daun, TREASURE juga berawal dari ajang survival YG Treasure Box. Ada 29 trainee yang dibagi menjadi empat kelompok selama acara berlangsung dan debutlah 12 member pada Agustus 2020. Meskipun, belum genap berusia satu tahun, tapi grup ini sudah memiliki prestasi sebagai Rookie of the Year di berbagai acar penghargaan, seperti APAN Music Awards, Asia Artist Awards, Golden Disk Awards, dan masih banyak lagi.

Selain itu, TREASURE juga masuk ke dalam 10 besar album debut boygrup K-pop dengan penjualan tertinggi di Gaon. Belum lama ini, mereka debut dengan mengeluarkan album Jepang bertajuk THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT.

5. I.O.I

I.O.II.O.I Foto: YMC Entertainment.

Senior dari IZ*ONE dan WANNA ONE ini debut pada Mei 2016 yang dibentuk melalui acara survival Produce 101. Album debut I.O.I bertajuk Chrysalis berhasil berada di peringkat 6 sebagai album debut girlgrup dengan penjualan tertinggi di Gaon.

Grup berisi 11 member ini juga berhasil menyabet penghargaan sebagai Rookie of the Year di acara penghargaan Golden Disk Awards. I.O.I sudah resmi bubar sejak Januari 2017 dan akan kembali melakukan reuni untuk merayakan 5 tahun debut pada 4 Mei nanti.



Simak Video " IZ*ONE Berakhir di Bulan April"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)