Kembali Tenar, Begini Perjalanan Karier Laboum

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 02 Apr 2021 20:42 WIB
Laboum
Foto: Istimewa
Jakarta -

Baru-baru ini girlband Laboum mencuri perhatian publik dengan lagu lawas mereka berjudul Journey To Atlantis. Lagu tersebut termasuk dalam album Fresh Adventure yang rilis pada 2016.

Hal ini berawal dari seorang penggemar yang membuat video kompilasi dari penampilan Laboum membawakan lagu tersebut. Journey To Atlantis pun kembali masuk tangga lagu musik Korea.

Buat kamu yang belum tahu tentang girlband ini, berikut perjalanan karier Laboum sejak awal debut hingga kembali mencuri perhatian di 2021. Yuk, simak!

1. Debut pada 2014

Laboum debut dengan enam member, diantaranya Yujeong, Soyeon, ZN, Haein, Solbin, dan Yulhee. Mereka debut perdana pada 28 Agustus 2014 dengan merilis album bertajuk Petit Macaron dengan lagu utama Pit-a-Pat.

Lagu utama tersebut ditulis oleh Seo Ji Eum, yang dikenal dengan lagu populernya, seperti Electric Shock milik f(x) dan Twinkle milik TaeTiSeo dan disusun oleh Jung Jae Yeob.

2. Comeback pada 2015

Di tahun berikutnya, Laboum kembali merilis album dengan konsep yang lebih matang dengan konsep bertemakan pesta tidur di album Sugar Sugar pada 14 Agustus. Comeback pun berlanjut pada 6 Desember dengan merilis album berjudul Aalow Aalow.

3. Mengadakan Penggalangan Dana untuk Produksi MV

Laboum pernah menjadi salah satu artis Korea yang membuat kampanye di platform crownfunding Makestar. Mereka meminta para penggemar untuk menggalang dana untuk proyek produksi video musik mereka. Kampanye tersebut berhasil mengumpulkan 27 ribu US dollar.

Laboum pun merilis video musik bertajuk Journey to Atlantis yang berada di album Fresh Adventure pada April 2016.

4. Tiga Member Berpartisipasi dalam Acara Survival

ZN, Yujeong, dan Haein mengikuti acara survival milik KBS bernama The Unit pada 2017. Di akhir kompetisi, ZN berhasil menduduki posisi 8 dan terpilih sebagai member girlband sementara UNI.T.
Dia pun tidak ikut dalam comeback Laboum di album Begin with the End karena jadwal yang bentrok.

5. Yulhee Hengkang dari Laboum

Pada 3 November 2017, agensi Laboum, Global H Media mengumumkan bahwa Yulhee hengkang dari girlband yang sudah membesarkan namanya karena penyakit anoreksia yang diidapnya. Tidak lama setelah keluar dari girlband Laboum, Yulhee menikah dengan personil band FT Island, Minhwan.

6. Debut Jepang

Laboum juga pernah memperluas popularitas mereka dengan debut Jepang pada April 2019. Mereka merilis album berjudul Love Pop Wow!! Yang berisi 11 lagu.

Beberapa lagu yang sudah pernah dirilis pun dibuat kembali ke dalam versi Jepang, seperti Between Us, Shooting Love, Hwi Hwi, dan Fresh Adventure.

7. Terakhir Comeback pada 2019

Girlband ini terakhir menyapa penggemar lewat album bertajuk Two of Us pada September 2019. Album ini berisi 10 lagu dengan lagu utama bertajuk Firework.

Daftar lagu di Album Two of Us juga menampilkan lagu solo kelima member masing-masing.

8. Lagu Journey to Atlantis Kembali Populer

Pada 2021, nama Laboum pun kembali tenar karena lagu lawas mereka bertajuk Journey to Atlantis kembali masuk ke dalam tangga lagu musik Korea. Hal tersebut dikarenakan ada penggemar yang membuat video kompilasi Laboum membawakan lagu tersebut dan diunggah di media sosial.

Banyak netizen yang menggadang-gadang bahwa Laboum akan mengikuti jalan Brave Girls yang kembali hits karena viral. Girlband favorit para tentara Korea ini juga direncanakan akan mempromosikan ulang lagu tersebut diberbagai acara musik.



Simak Video "Perdana Puasa Bareng Suami, Kesha Ratuliu Happy Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)