BTS Ikut Suarakan #StopAsianHate, Buka-bukaan soal Rasisme yang Dialami

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Selasa, 30 Mar 2021 14:26 WIB
Jakarta -

Kampanye #StopAsianHate ramai diserukan di media sosial usai banyaknya tindakan rasialisme yang dialami warga keturunan Asia di Amerika Serikat. Sejumlah selebriti dunia, termasuk Indonesia, juga ikut menyuarakan kampanye tersebut.

Kini, BTS, yang juga mulai dikenal luas di Amerika Serikat, ikut menyerukan tagar #StopAsianHate melalui akun Twitter resminya. Mereka juga mengungkap rasisme yang dialaminya sebagai orang Asia.

Berikut pernyataan lengkap yang dirilis oleh BTS:

Kami turut berduka cita bagi mereka yang ditinggalkan oleh orang yang mereka cintai. Kami ikut berduka dan marah.

Kami ingat betul saat mengalami diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan diri saat mendengar umpatan yang ditujukan tanpa alasan, dan diejek karena penampilan kami. Bahkan kami juga ditanya kepada orang Asia berbicara dengan bahasa Inggris.

Kami tidak bisa menjelaskan rasa sakit yang disebabkan setelah menjadi subyek dari kebencian dan kekerasan karena alasan itu. Pengalaman kami sendiri memang tidak tepat jika dibandingkan dengan apa yang terjadi dalam beberapa pekan belakangan. Namun pengalaman tersebut cukup membuat kami merasa tidak berdaya dan menghancurkan harga diri kami.

Apa yang terjadi saat ini tak bisa dipisahkan dari identitas kami sebagai orang Asia. Kami butuh waktu cukup lama untuk membahas hal ini dengan hati-hati, dan kami merenungkan secara mendalam soal bagaimana kami harus menyuarakan pesan kami.

Namun apa yang harus kami suarakan sudah jelas.

Kami menentang diskriminasi rasial.
Kami mengutuk kekerasan.
Kamu, aku, dan kita semua punya hak untuk dihormati. Kita akan membela semua ini bersama.

Postingan BTS tersebut hingga kini sudah mendapatkan lebih dari 1 juta like dan 500 ribu retweet. Bahkan tagar #StopAsianHate kembali berada di trending topic.

Sementara itu, BTS baru saja mencuri perhatian lewat penampilannya di acara talk show special yang dibuat KBS khusus untuk BTS yang bertajuk Let's BTS. Selain menyanyikan lagu Dynamite dan Life Goes On, mereka bicara tentang Grammy hingga cinta yang tak ada habisnya kepada ARMY.

(dal/nu2)