9 Girlband dan Duo K-Pop Ini Kantongi Sertifikat Lagu Platinum

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 19 Mar 2021 11:27 WIB
ITZY
ITZY jadi salah satu girlband K-Pop dengan lagu yang diganjar sertifikasi platinum. Foto: ITZY (dok. YouTube)
Jakarta -

Banyak girlband dari Negeri Ginseng yang sukses meriah prestasi besar selama berkarier di dunia musik. Bahkan mereka diganjar dengan sertifikasi istimewa sebagai membuktikan popularitas sekaligus tentu saja kesuksesan mereka.

Berikut ini sederet girlband dan juga duo asal Korea Selatan yang lagunya berhasil diberikan sertifikat Platinum untuk streaming dengan jumlah lebih dari 100 juta kali dan/atau 2,5 juta jumlah unduhan:

BLACKPINK

[Gambas:Youtube]


Lagu DDU-DU DDU-DU milik BLACKPINK dianugerahi sertifikasi streaming Platinum 5 bulan setelah dirilis dan memperoleh sertifikasi download Platinum setelah 10 bulan. Hal ini menjadikan lagu tersebut sebagai girlband tercepat yang secara resmi mendapatkan sertifikasi Platinum setelah perilisan.

Lagu Forever Young, yang dirilis dalam album yang sama, juga menerima sertifikasi streaming setelah 21 bulan dan sertifikasi unduhan 18 bulan setelah dirilis. Tidak hanya itu, BLACKPINK juga memiliki tiga album bersertifikat Platinum, seperti Square Up, Kill This Love, dan Edisi Spesial: How You Like That serta satu album bersertifikat Million, The Album.

Red Velvet

[Gambas:Youtube]


Red Velvet dengan lagu bertajuk Bad Boy berhasil meraih sertifikasi unduhan Platinum setelah 27 bulan dirilis pada Januari 2018. Selain itu, pada Desember 2019, lagu Psycho meriah sertifikasi streaming Platinum 11 bulan setelah dirilis.

TWICE

[Gambas:Youtube]


Girlband yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini memiliki tiga lagu dengan sertifikasi Platinum di Gaon. Lagu yang rilis pada Juli 2018 berjudul Dance The Night Away dianugerahi sertifikasi streaming Platinum 8 bulan setelah rilis dan mendapat sertifikasi unduhan Platinum setelah 14 bulan.

Pada November 2018, Yes or Yes juga mendapatkan sertifikasi streaming dan unduhan Platinum setelah 9 bulan dan 15 bulan dirilis. Terakhir, lagu What is Love mendapatkan sertifikasi streaming Platinum 19 bulan setelah dirilis dan memperoleh sertifikasi unduhan setelah 28 bulan. TWICE pun dinobatkan menjadi girlband dengan sertifikasi lagu Platinum terbanyak di Korea Selatan.

MAMAMOO

[Gambas:Youtube]


Lagu Starry Night yang rilis pada Maret 2018 mendapat sertifikasi streaming Platinum 8 bulan setelah rilis dan memperoleh sertifikasi unduhan Platinum setelah 16 bulan. Lagu HIP juga meraih sertifikasi Platinum untuk streaming 12 bulan setelah dirilis.

ITZY

[Gambas:Youtube]


ITZY juga mendapat sertifikasi streaming Platinum lewat lagu debut mereka bertajuk DALLA DALLA setelah 9 bulan dirilis. Hal ini membuat ITZY menjadi girlband tercepat yang mencapai sertifikasi Platinum setelah debut dan satu-satunya girlband yang lagu debutnya bersertifikat Platinum.

Oh My Girl

[Gambas:Youtube]


Lagu Oh My Girl bertajuk Nonstop dianugerahi sertifikasi streaming Platinum 11 bulan setelah dirilis. Lagu ini berada di album dengan judul sama yang dirilis pada April 2020.

MOMOLAND

[Gambas:Youtube]


Bboom Bboom milik MOMOLAND dianugerahi sertifikasi streaming Platinum 7 bulan setelah rilis dan memperoleh sertifikasi unduha n Platinum setelah 18 bulan.

Bolbbalgan4

[Gambas:Youtube]


Lagu berjudul Travel milik duo Bolbbalgan4 mendapat sertifikasi streaming Platinum 6 bulan setelah rilis dan memperoleh sertifikasi unduhan Platinum setelah 11 bulan.

Davichi

[Gambas:Youtube]

Lagu Davichi berjudul Unspoken Words dianugerahi sertifikasi streaming Platinum 11 bulan setelah dirilis.

(aay/aay)