8 Rekor yang Dipecahkan BTS selama 8 Tahun Berkarier

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Sabtu, 13 Mar 2021 07:48 WIB
Momen Seru BTS Saat Makan Bareng
8 Rekor BTS, sudah tahu semua belum? (Foto: dok. BigHit Entertainment)
Jakarta -

Boyband terpopuler di Negeri Ginseng ini memang selalu membanggakan penggemar dan negaranya lewat berbagai prestasi yang cemerlang. Mulai dari prestasi domestik hingga internasional pun diraih oleh BTS.

Selama 8 tahun perjalanan karier mereka, sudah banyak rekor yang dipecahkan oleh BTS. Berikut sederet rekor yang dipecahkan BTS:

Pecahkan rekor Oricon Michael Jackson

Pada 2020, BTS menjadi artis asing pertama sejak Michael Jackson yang menduduki posisi puncak tangga lagu pertengahan tahun Jepang Oricon. Michael Jackson mencetak rekor ini pada 1985 dengan Thriller dan BTS menjadi No. 1 dengan MAP OF THE SOUL: 7 pada 2020.

Pecahkan rekor Celine Dion


Pada 2019, BTS menjual 1 juta pre-order single album Jepang kesepuluh berjudul Lights. Ternyata, penjualan single album ini memecahkan rekor milik diva legendaris, Celine Dion, dengan lagunya bertajuk To Love You More di Jepang. Rekor ini dipegang oleh Celine Dion selama 24 tahun dan dipecahkan oleh BTS.

Gaya BTS Kenakan Hanbok Saat ImlekBTS Foto: Dok. BigHit Entertainment

Pecahkan rekor dunia Guinness Kim Gun Mo

Pada Juni 2019, album BTS MAP OF THE SOUL: Persona menjadi album terlaris dalam sejarah Korea Selatan. Rekor dunia Guinness ini sebelumnya ditetapkan pada 1995 oleh penyanyi senior, Kim Gun Mo dengan albumnya Wrongful Encounter. Setelah 24 tahun lamanya, akhirnya BTS pun memecahkan rekor tersebut.

Pecahkan rekor The Beatles

Masih di tahun yang sama, BTS menjadi grup pertama dengan 3 album yang menempati posisi pertama di Billboard 200 Chart dalam waktu kurang dari setahun. BTS memecahkan rekor The Beatles kurang dari 11 bulan dengan album MAP OF THE SOUL: Persona, LOVE YOURSELF: Tear, dan LOVE YOURSELF: Answer. Sebelumnya, The Beatles mencetak rekor 22 tahun mereka dengan album Anthology 1, Anthology 2, dan Anthology 3.

Pecahkan rekor OST Winter Sonata

Pada 2019, setelah tidak lama dirilis, OST mobile game BTS bertajuk BTS WORLD menjadi OST terlaris di Korea Selatan. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh OST drama Korea Winter Sonata pada 2002. BTS pun memecahkan rekor ini 17 tahun kemudian.

Busana BTS di sampul majalah TIME dikritik.BTS. Foto: Dok. TIME

Pecahkan rekor Michael Jackson

Tidak hanya sekali BTS memecahkan rekor milik Michael Jackson, grup yang beranggotakan 7 member ini kembali memecahkan rekor penyanyi ternama tersebut. Pada Maret 2021, The International Federation of Phonographic Industry (IFPI) mengumumkan bahwa BTS adalah artis No. 1 di chart 'Penjualan Album Global' 2020.

Album MAP OF THE SOUL: 7 menempati posisi teratas, disusul oleh BE diurutan kedua, dan MAP OF THE SOUL: 7 ~ THE JOURNEY ~ diposisi No. 8. BTS memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Raja Pop, Michael Jackson dengan 3 album di tangga lagu IFPI selama 12 tahun.

Pecahkan rekor PSY

Pada Mei 2020, V berhasil memecahkan rekor penyanyi solo ternama asal Korea Selatan, PSY dengan lagunya bertajuk Sweet Night yang merupakan OST Itaewon Class. Lagu tersebut berada di posisi 1 di 88 negara dan menobatkan V sebagai penyanyi solo Korea dengan lagu yang menempati peringat 1 terbanyak di iTunes.

Sebelumnya, PSY pernah menjadi solois Korea pertama yang menempati urutan pertama di 86 negara dengan lagu fenomenal Gangnam Style. Dia memegang rekor ini selama 8 tahun dan dipecahkan oleh V.

Pecahkan rekor Adele

Pada Juli 2020, lagu Black Swan berhasil menduduki posisi pertama iTunes terbanyak di seluruh dunia. Lagu yang termasuk dalam album Char if The Soul: 7 berada diposisi No 1 di 103 negara. Ini memecahkan rekor yang sebelumnya di pegang oleh Adele yang berada di tangga lagu Nomor 1 di 102 negara dengan lagu Hello. Rekor ini dipecahkan BTS setelah lima tahun kemudian.

(aay/aay)