7 Sub-Unit K-Pop yang Tak Kalah Populer dengan Grup Aslinya

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
Sub-unit Grup K-Pop
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Sebuah grup K-Pop tidak hanya berpromosi secara formasi lengkap saja, tapi mereka juga membentuk berbagai sub-unit. Biasanya, sub-unit dibentuk dengan beranggotakan 2 hingga 4 orang.

Konsep sub-unit sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari hip hop, R&B, dan ballad. Sekarang sudah banyak grup yang memiliki berbagai macam sub-unit duo yang tidak kalah kece dengan grup aslinya. Siapa saja, ya? Yuk, simak!

1. Super Junior D&E

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

Super Junior D&E adalah sub-unit kelima dari grup Super Junior. Mereka pertama kali debut dengan merilis lagu bertajuk Oppa, Oppa pada 2011.

Duo yang beranggotakan Eunhyuk dan Donghae ini baru mengeluarkan mini album keempat bertajuk Bad Blood pada 3 September 2020 dan langsung merajai puncak tangga album iTunes di 25 negara termasuk Indonesia.

Di tahun yang sama, mereka juga kembali merilis lagu Jepang berjudul Wings.

2. GD X Taeyang

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

Grup populer, BIGBANG juga memiliki sub-unit duo, yaitu G-Dragon dan Taeyang. Mereka merilis lagu duo pertama pada 2014 berjudul Good Boy.

Lagu ini berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard World Digital Songs dan terjual lebih dari satu juta unit digital di Korea Selatan.

3. BIGBANG (GD & T.O.P)

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

BIGBANG juga memiliki sub-unit duo lainnya yang beranggotakan GD dan T.O.P. Duo rapper ini pertama kali merilis album pada 2010 dengan judul yang sama.

Saat itu, albumnya sukses besar dan paling laris di Korea Selatan. Terakhir, mereka mengeluarkan lagu berjudul Zutter yang masuk ke dalam album BIGBANG bernama Made Series E pada 2015.

4. EXO-SC

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

EXO-SC adalah sub unit kedua grup EXO setelah EXO-CBX. Sub-unit beranggotakan Sehun dan Chanyeol ini debut dengan merilis album berjudul What a Life pada 2019.

Album tersebut berhasil terjual sebanyak lebih dari 100 ribu dalam sehari di situs Hanteo. Tahun lalu, mereka mengeluarkan album bertajuk 1 Billion Views dan mendapatkan Platinum Album dari situs QQ Music dengan penjualan album lebih dari 1 juta yuan dalam waktu 1 jam 25 menit.

5. Red Velvet - Irene & Seulgi

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

Duo yang sudah terbentuk dari 2014 ini, akhirnya resmi debut pada 2020 dengan merilis album bertajuk Monster. Pada 2014, mereka pernah merilis cover dance dari lagu Be Natural saat masih menjadi bagian dari SR14G.

Baru-baru ini Irene akan membintangi film bertajuk Double Patty bersama Shin Seung Ho yang tayang pada 17 Februari 2021.

6. Dahyun dan Chaeyoung TWICE

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

Pada 10 Februari 2021, TWICE merilis video musik bertajuk Switch to me yang dinyanyikan oleh duo rapper TWICE, Dahyun dan Chaeyoung. Video musik ini adalah parodi dari video musik asli milik Park Jin Young dan Rain.

Sempat ada kontroversi saat stylist BLACKPINK yang merasa bahwa baju hanbok yang dipakai Dahyun dan Chaeyoung mirip dengan design baju yang digunakan BLACKPINK dalam video musik How You Like That.

JYP Entertainemnt selaku agensi sudah merilis pernyataan maaf mereka.

7. Jus2

Sub-unit Grup K-PopSub-unit Grup K-Pop Foto: (dok. ist)

Terakhir, ada sub-unit kedua dari grup GOT7, yaitu Jus2. Grup duo yang terdiri dari JB dan Yugyeom ini debut dengan merilis mini album bertajuk Focus On Me pada 5 Maret 2019.

Kabarnya, demi disetujui produser, Park Jin Young, JB dan Yugyeom membuat 15 versi dari lagu Focus On Me. Tidak hanya lagu, tapi koreografi pun tidak luput dari koreksi Park Jin Young.

Perjuangan keras mereka akhirnya membawa album tersebut menduduki peringkat 6 di Billboard World Album Chart.



Simak Video "Keseruan Showcase Comeback 'LOVE or TAKES' PENTAGON"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)