5 Harta Paling Berharga Buat Fans K-Pop

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 11 Jan 2021 14:26 WIB
Teaser comeback WayV WINWIN
Hal-hal berikut ini adalah penting buat fans K-Pop, selain idola mereka. (Foto: Winwin WayV; Dok. SM Entertainment/Label V)
Jakarta -

Apapun jenis kesukaannya, setiap orang pasti punya benda-benda berharga yang berhubungan dengan idola mereka. Begitu juga dengan fans K-Pop.

Di luar konten-konten yang bertebaran di media sosial dan platform streaming, benda-benda fisik juga jadi sesuatu yang amat berharga buat para fans K-Pop. Ini beberapa di antaranya:

1. Photocard (PC)

5 Harta Paling Berharga Buat Fans K-PopPhotocard Taeyeon untuk album My Voice. Foto: dok. Istimewa

Photocard atau akrab disingkat PC adalah benda penting yang jadi incaran oleh fans K-Pop. Kertas seukuran ATM bergambar wajah bias (member kesukaan dalam sebuah grup) ini selalu jadi yang dicari dan diincar setiap kali membeli sebuah album. Hal ini jadi menarik sekaligus menantang karena PC yang didapatkan fans setiap pembelian album tidak pernah pasti dan selalu acak. Kalau beruntung malah bisa dapat double!

Kolektor PC akan rela membeli puluhan album K-Pop demi mendapatkan photocard member favorit mereka, yang tidak jarang hadir dalam beberapa versi. Tapi buat mereka yang cukup puas dengan membeli 1 album pun tetap bisa dapat photocard bergambar member bias dengan melakukan trade atau tukar dengan sesama fans di satu fandom.

Fun fact: tren photocard di K-Pop dimulai oleh SM Entertainment di Jepang lewat album TVXQ di tahun 2007. Sementara di Korea, photocard pertama yang dirilis SM adalah SNSD untuk album Oh! di 2010.

2. Lightstick

5 Harta Paling Berharga Buat Fans K-PopCarat bong, lightstick buat grup SEVENTEEN. Foto: dok. Istimewa

Nonton konser rasanya tidak lengkap kalau tidak bawa Lightstick. Mengayunkan lightstick saat konser menambah keseruan saat menyaksikan penampilan artis idola di atas panggung. Punya lightstick juga jadi sebuah identitas untuk fans dalam sebuah konser gabungan. Sekaligus jadi properti foto yang estetik buat feed Instagram.

Memang punya lightstick bukanlah sebuah kewajiban buat fans K-Pop. Karena tidak sedikit juga orang yang lebih suka menyaksikan konser tanpa membawa atribut ini demi bisa berjoged ria di lokasi.

Lightstick di K-Pop juga akrab disebut 'bong'. Tren lightstick ini dimulai oleh YG Entertainment lewat BIGBANG 'bangbong' yang merupakan ide dari G-Dragon. Lalu tren ini diikuti oleh sederet manajemen K-Pop dan jadi salah satu budaya populer di K-Pop hingga kini.

Sebelum lightstick, manajemen K-Pop dulu menggunakan balon dengan warna khas buat identitas fandom. Kini balon justru dilarang masuk ke arena konser karena dinilai mengganggu pandangan.

3. Official merchandise

5 Harta Paling Berharga Buat Fans K-PopDeretan official merchandise BTS Foto: dok. Istimewa

Manajemen K-Pop tentu tidak ingin menyia-nyiakan fanatisme penggemar terhadap grup idola dan artis yang mereka debutkan. Untuk itu dibuatlah official merchandise bergambar wajah artis atau identitas tertentu dari sebuah grup.

Di arena konser, booth official merchandise ini pun tidak pernah sepi bahkan kerap terjadi antrean yang mengular. Meski harganya tidak bisa disebut murah.

4. Fancam

[Gambas:Youtube]


Fancam atau video rekaman fans saat event seperti konser atau fanmeeting tak jarang juga jadi benda berharga yang disimpan. Apalagi kalau videonya direkam dengan handphone sendiri. Walaupun adegan merekam dengan handphone cukup mengganggu buat sebagian lain fans di arena konser, namun hal ini sudah jadi kebiasaan buat sebagian fans lain demi mengabadikan momen konser mereka.

Fancam yang biasanya jadi harta karun berharga adalah ketika sang idola melihat ke arah kamera dan berinteraksi dengan kamera penggemar. Apalagi ketika diberi lambaian tangan saat menjemput ke bandara. Duh, baper!

5. Oleh-oleh konser

5 Harta Paling Berharga Buat Fans K-PopTampilan bola yang dilempar saat konser. Foto: dok. Istimewa

Biasanya dalam setiap konser K-Pop banyak fans yang membagikan suvenir gratisan seperti handbanner, photocard, atau benda-benda lain dari sebuah grup/member grup K-Pop. Tidak sedikit fans yang datang ke konser buat mengumpulkan suvenir gratis ini selain juga untuk menyaksikan pernampilan idola mereka di atas panggung.

Lebih-lebih lagi berbagai fansite (fans member grup K-Pop yang mendedikasikan hidupnya untuk memotret sang idola di segala event) kerap membagikan suvenir cuma-cuma dengan kualitas super yang layak dikoleksi.

Oleh-oleh konser lain yang bisa didapat dan jadi harta berharga adalah bola yang dilempar oleh idola K-Pop dari atas panggung. Biasanya bola ini sudah ditandatangani oleh mereka sebelum dilempar ke penonton.

(ron/nu2)