15 Tahun Karier Super Junior Sebagai Idola K-Pop yang Disegani

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 12 Nov 2020 12:03 WIB
Super Junior
Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Super Junior merupakan salah satu grup SM Entertainment yang legendaris. Lima belas tahun berlalu, mereka masih menjadi grup K-Pop senior yang paling disegani.

Banyak terjadi perubahan dalam 15 tahun karier mereka. Termasuk di antaranya jumlah member, jadwal comeback, hingga konsep yang selalu berhasil membuat ELF terpukau.

Secara personal, para member pun ikut berubah. Seperti yang diungkap para member Super Junior tentang satu sama lain di perayaan 15 tahun debut mereka yang digelar melalui siaran V Live akhir pekan lalu

"Ryeowook awalnya seperti menahan diri karena dikelilingi para member yang lebih tua. Sepertinya dia selalu tampak gugup. Namun di kehidupan nyata, ia adalah pria yang sangat lucu," ujar Leeteuk.

Namun ada satu hal yang tak berubah dari Super Junior. Yaitu kasih sayang dan rasa terima kasih mereka yang tak terhingga kepada ELF yang terus mendukung mereka selama 15 tahun terakhir.

"Para penggemar pernah meminta kita menggelar konser 19+. Mari kita kumpulkan para fans yang sudah cukup umur dan mengundang mereka," ujar Leeteuk sambil tertawa.

[Gambas:Youtube]

"Jika butuh waktu lebih dari 10 tahun lagi dan kita semua sudah tidak ada lagi di dunia, kita tetap harus menggelar Super Show di surga," tambahnya.

Untuk merayakan 15 tahun debutnya, Super Junior pun memberikan sebuah kado spesial untuk ELF. Mereka akan merilis album ke-10 bertajuk The Renaissance yang akan dirilis pada Desember 2020.

Sebelumnya mereka sudah merilis lagu The Melody yang menjadi pembuka dalam comeback mereka, tepat di perayaan hari debut mereka yang ke-15, pada 6 November 2020. Perilisan tersebut mendapatkan respons positif dari para penggemar yang sudah lama menanti.

Bicara soal 15 tahun debut, Heechul mengaku tak percaya mereka sudah melewati belasan tahun bersama. Eunhyuk mengungkapkan terima kasihnya kepada ELF dan fans SM Entertainment yang terus mendukung mereka selama ini.

"Aku tak percaya kita sudah 15 tahun bersama. Kita semua bekerja keras. Kita semua bertemu saat masih muda, dan sekarang kita menuju usia 40 tahun. Kita menghabiskan banyak waktu bersama," ujar Heechul.

"Kita semua bisa sejauh ini karena para member, karena ELF, juga karena para staf SM Entertainment dan Label SJ," pungkas Eunhyuk.



Simak Video "Sapa Fans Indonesia, Siwon Super Junior: Aku Kangen Sekali!"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)