Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Penyanyi K-Pop yang Peduli Mental Health

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 10 Okt 2020 19:20 WIB
f(x), Secret, BEAST, 2NE1, Rainbow
Foto: Istimewa.
Jakarta -

Pada Sabtu (10/10/2020) dirayakan sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Karena isu kesehatan mental tidak pernah lepas dari idola K-Pop, tak lengkap rasanya merayakan hari ini tanpa membahas sederet idola K-Pop yang identik dengan kampanye kesehatan mental.

Nama-nama di bawah ini adalah sedikit dari sederet idola K-Pop yang peduli pada kesehatan mental. Tak hanya diri mereka, tapi juga fans.

BTS

[Gambas:Youtube]


BTS adalah salah satu idola K-Pop yang dikenal perhatian pada kesehatan mental. Mereka kerap memproduksi lagu-lagu yang ditujukan buat memberi semangat kepada pendengarnya. Salah satunya adalah lagu Magic Shop.

Lewat lagu ini, BTS seakan mengundang para pendengar untuk masuk ke dalam sebuah lokasi bernama Magic Shop, yang menawarkan kehangatan seperti secangkir teh. Kampanye Love Yourself juga jadi salah satu yang ikonik dari BTS.

SuperM

[Gambas:Youtube]


Kampanye kesehatan mental disuarakan oleh SuperM. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia secara langsung menggaet SuperM buat kampanye ini. Mereka pun berpartisipasi dalam event Big Event for Mental Health yang akan digelar 10 Oktober 2020 di Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Big Event for Mental Health akan menyoroti pentingnya perubahan yang mendesak karena tingginya tingkat gangguan mental. Apalagi saat ini dunia tengah dihadapkan dengan pandemi COVID-19 yang juga mempengaruhi kesehatan mental banyak orang.

Epik High

[Gambas:Youtube]


Salah satu grup hip hop Korea Selatan ini belajar banyak dari kehidupan. Sehingga dalam lirik lagunya pun kemudian sederet hal yang berhubungan dengan depresi dan kesehatan mental kerap dihadirkan.

Tablo, pentolan Epik High, menjadikan pengalaman pribadinya dalam menulis lagu. Kerap kali pengalaman itu datang dari hal-hal buruk dalam hidup yang kemudian disulap jadi lagu semangat buat fans.

ATEEZ

[Gambas:Youtube]


Para Atiny (fans ATEEZ) pasti setuju bahwa ATEEZ menjadi salah satu idola K-Pop yang perhatian dengan kesehatan mental fans. Dalam lagu mereka kerap ditampilkan lagu-lagu yang memberikan kehangatan tak hanya di kuping, tapi juga di hati.

Salah satunya adalah lagu berjudul Mist. Selain itu, ATEEZ juga punya lagu berjudul Sunrise yang isinya mengisyaratkan bahwa hari esok akan lebih baik dan akan datang.

2NE1

[Gambas:Youtube]


Grup generasi kedua yang selalu datang dengan lagu-lagu catchy. Sadar bahwa di generasinya masalah standar kecantikan adalah hal yang kerap diperdebatkan, 2NE1 menghadirkan lagu Ugly sebagai sebuah gebrakan buat isu tersebut.

2NE1 juga selalu menampilkan sosok perempuan yang kuat dan mencintai diri sendiri. Karena mencintai diri sendiri akan membuat mental seseorang menjadi semakin sehat.

(aay/mau)