f(x) Rayakan 11 Tahun Debut, Kenang Momen Bersama Sulli

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Minggu, 06 Sep 2020 10:32 WIB
f(x)
Foto: f(x) (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

f(x) merupakan girlband di bawah naungan SM Entertainment yang debut pada 2009. Mereka debut sebagai grup dengan 4 orang member lewat lagu La Cha Tha.

Setelah debut, f(x) mendapatkan sambutan positif dari pecinta musik K-Pop. Apalagi setelah merilis album pertama mereka bertajuk Pinocchio, f(x) menjadi salah satu girlband yang perkembangannya sangat dinanti.

Pada 2013, mereka merilis album kedua bertajuk Pink Tape, dan menjadi satu-satunya album K-Pop yang masuk dalam daftar 41 Best Albums of 2013. Mereka juga masuk dalam daftar Billboard sebagai album album K-Pop terbaik di tahun 2010-an.

f(x) juga mendapatkan pujian saat merilis album Red Light pada 2014 dan 4 Walls pada 2015. Album tersebut dipuji oleh para kritikus musik di Korea Selatan.

Namun sayang kepopuleran f(x) mulai redup setelah Sulli memutuskan hengkang dari grup pada 2015 untuk fokus pada karier aktingnya. Setelah itu f(x) juga menjalani hiatus untuk waktu yang cukup lama untuk memfokuskan diri pada kegiatan individu masing-masing member.

Pada September 2019, Amber memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment, disusul oleh Luna hanya dalam jarak waktu 4 hari. Victoria juga mengungkap rencananya untuk hengkang dari SM Entertainment, namun pihak manajemen menyebut masih mendiskusikannya dengan Victoria.

Baru-baru ini, Krystal juga memutuskan untuk meninggalkan SM Entertainment setelah kontraknya berakhir pada Agustus 2020. Namun lagi-lagi SM Entertainment menyebut keduanya masih mendiskusikan hal ini.

Tepat di hari Sabtu (5/9), keempat member f(x) muncul untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan fans kepada mereka. Amber, Krystal, Luna, dan Victoria merayakan 11 tahun debut sekaligus mengenang kebersamaan dengan Sulli.

Amber mengunggah foto kelimanya di Twitter. "Terima kasih MeU (fans f(x)). Ibu Vic, anjing kecil Sun Young (Luna), adik laki-laki Ssul (Sulli), dan Putri Duddeong (Krystal)," tulis Amber pada caption foto.

Krystal mengunggah cover album Electric Shock di Instagram dengan caption singkat bertuliskan 'Eleven' atau sebelas dalam bahasa Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Victoria mengunggah rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh fans melalui akun Weibo-nya. Ia mengunggah foto kebersamaan para member dengan Sulli.

Sementara Luna menggelar siaran live di channel YouTube-nya. Ia membuat cake untuk merayakan 11 tahun debut dengan f(x).

"Selamat ulang tahun! Bukan hanya untukku, Luna, tetapi juga untuk member f(x) Victoria, Krystal, Sulli, Amber, dan Luna. Ini adalah hari lahir f(X). Aku sangat berterima kasih kepada MeU," pungkasnya.



Simak Video "Door to Door Ala Bajo, Pesaing Gibran di Pilwalkot Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)