Hari Ini 13 Tahun Lalu, Lagu Debut SNSD Into The New World Dirilis

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 03 Agu 2020 17:50 WIB
Foto debut SNSD
Foto: Dok. SM Entertainment
Jakarta -

Lagu debut SNSD, Into The New World, merayakan hari jadinya yang ke-13 pada hari ini, Senin (3/8/2020). Pada 3 Agustus 2007, lagu Into The New World dirilis sekaligus menandakan debut SNSD ke industri musik K-Pop.

SNSD debut di bawah manajemen SM Entertainment setelah gonta-ganti line up member. Tahun 2007 grup yang juga dikenal dengan nama Girls' Generation itu debut dengan sembilan member yaitu Taeyeon, Jessica, Tiffany, Yoona, Yuri, Hyoyeon, Sooyoung, Sunny, dan Seohyun. Dua hari setelah perilisan, SNSD menampilkan lagu Into The New World untuk pertama kalinya di acara SBS Inkigayo pada 5 Agustus 2007.

Pencipta lagu Into The New World

[Gambas:Youtube]


Into The New World atau dalam Bahasa Korea Dasi Mannan Segye ditulis liriknya oleh Kim Jeong Bae. Sementara musik dan aransemennya dibuat oleh Kim Yeon Jung atau lebih dikenal dengan aliasnya yaitu Kenzie.

Sejak lama Kenzie sudah bekerja sama dengan artis-artis SM Entertainment. Karyanya dinyanyikan oleh artis-artis SM yang lain seperti BoA, SNSD, EXO, hingga NCT. Beberapa lagu populer ciptaan Kenzie antara lain My Name (BoA), La Cha Ta (f(x)), Humanoids (TVXQ), Wolf (EXO), Overdose (EXO), Devil (Super Junior), hingga Limitless (NCT 127).

Into The New World Jadi Lagu Penting di Korea Selatan

Into The New World adalah lagu yang membangkitkan semangat dan pergerakan. Sehingga lagu ini tidak hanya jadi sebuah karya musik pop tetapi juga sering dijadikan lagu dalam menyuarakan perubahan. Into The New World juga jadi anthem buat harapan akan adanya dunia baru.

Into The New World sering dinyanyikan dalam berbagai momen demonstrasi di Korea Selatan. Salah satunya di tahun 2016 ketika mahasiswi Ewha Women's University melakukan protes damai terhadap universitas. Mereka berhadapan dengan polisi sambil menyanyikan lagu ini.

[Gambas:Youtube]


Lagu Into The New World juga jadi lagu yang dinyanyikan ketika presiden Park Geun Hye digulingkan. Ketika pergerakan Mee Too terjadi, lagu ini pun berkumandang.


Juga ketika Korea Selatan melegalkan aborsi, mereka yang melakukan demonstrasi merayakannya dengan menyanyikan lagu Into The New World milik SNSD ini.


Salah satu yang paling sering dibicarakan adalah diputarnya lagu ini di perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Into The New World mungkin adalah lagu debut girlband K-Pop paling ikonik sepanjang sejarah musik K-Pop. SNSD pun jadi girlband K-Pop paling sukses dan fenomenal tak hanya di negara asalnya tetapi juga di seluruh dunia.

Meski tidak sedang beraktivitas bersama dan beberapa member juga sudah tidak bernaung di bawah manajemen yang sama, namun para member SNSD masih lengket satu sama lain. Awal bulan ini mereka merayakan ulang tahun Tiffany di Korea Selatan dalam sebuah pesta pribadi.

[Gambas:Youtube]


Sejak 2014, SNSD resmi menjadi grup dengan delapan member. Setelah Jessica memilih untuk keluar dari grup dan juga dari manajemen SM Entertainment.

SNSD merilis album terakhir mereka Holiday Night di tahun 2017. Dalam promosi album tersebut, mereka menyanyikan Holiday dan All Night.

(ron/nu2)