Pendapatan Idola K-Pop dari YouTube, Lisa BLACKPINK Cuan Rp 14 Miliar!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 29 Jul 2020 18:36 WIB
Lisa Blackpink Jadi Brand Ambassador Bvlgari
Lisa BLACKPINK raup hingga Rp 14 Miliar dari channel YouTube-nya (Foto: BVLGARI)
Jakarta -

Seperti halnya selebritas Indonesia, sejak beberapa tahun terakhir idola K-Pop juga aktif menjadi YouTuber. Ternyata kegiatan ekstrakurikuler mereka ini cukup memberi penghasilan tambahan.

Lewat channel YouTube pribadinya, idola K-Pop menghadirkan berbagai konten mulai dari video-log (vlog), lucu-lucuan, dance, hingga musik yang tidak dirilis secara resmi dari manajemen.

Ada juga idola K-Pop, seperti salah satu member Apink misalnya, yang memilih tidak memonetisasi channel YouTube mereka. Namun dilihat secara umum beberapa channel YouTube idola K-Pop populer bisa jadi tambang cuan.

Berikut perkiraan penghasilan beberapa idola K-Pop dari channel YouTube mereka seperti dilansir detikcom dari AllKpop pada Rabu (29/7/2020):

1. Lisa BLACKPINK

[Gambas:Youtube]


Popularitas Lisa BLACKPINK tidak hanya di Instagram saja sebagai idola K-Pop dengan jumlah followers terbanyak. Di YouTube, channel pribadi Lisa yang diberi nama Lilifilm Official sudah mengumpulkan lebih dari 3,68 juta subscriber dengan video yang sudah ditonton lebih dari 110 juta kali. Dengan itu pendapatan Lisa lewat YouTube ditaksir mencapai USD 84 ribu per bulan atau setara Rp 1,2 miliar (USD 1 = Rp 14.500). Pertahun, Lisa bisa mengumpulkan cuan dari YouTube hingga USD 1 juta atau Rp 14,5 miliar!

2. IU

[Gambas:Youtube]


Channel YouTube IU rutin memberikan konten ke penggemar dalam subtitle Bahasa Inggris sejak tahun 2017. Lewat vlog belakang layar konser dan segmen IU TV, IU mengumpulkan 3,91 subscriber dengan total 164 juta kali pemutaran video. Penghasilan pemilik nama asli Lee Ji Eun itu dari YouTube diperkirakan mencapai USD 49 ribu per bulan atau USD 588,6 ribu per tahun. Jumlah ini setara dengan Rp 712 juta dan Rp 8 miliar.

3. Solar MAMAMOO

[Gambas:Youtube]


Solar tak pernah malu-malu menunjukkan sisi lain dari dirinya lewat channel YouTube SoLarSiDo. Usia YouTube Solar pun belum genap dua tahun namun sudah dilanggan oleh 2,26 juta subscriber dengan total pemutaran video lebih dari 112 juta. Pemasukan Solar dari YouTube diperkirakan mencapai USD 20,6 ribu per bulan atau setara Rp 299 juta dan USD 247,3 ribu pertahun atau setara Rp 3,5 miliar.

4. Jae DAY6

[Gambas:Youtube]


Jae DAY6 sempat bersitegang dengan JYP Entertainment perihal konten YouTube-nya. Kini kedua belah pihak telah berdamai dan Jae pun lanjut membuat konten musik di YouTube-nya JAESIX. Keseluruhan konten di channel ini dikerjakan sendiri oleh Jae tanpa bantuan JYP Entertainment. Kini dia telah mengumpulkan 889 ribu subscribers dengan 21 juta kali pemutaran video. Pendapatan Jae dari YouTube pertahunnya mencapai USD 157,9 ribu atau setara Rp 2,2 miliar. Cukup buat beli apartemen di Jakarta Selatan nih!

5. Chen dan Baekhyun EXO

[Gambas:Youtube]


Chen memulai YouTube pribadinya sejak Maret 2019 dan mengunggah video-video cover di sana. Kini YouTube Chen sudah di-subscribe lebih dari 1,73 juta fans dengan total views video hingga 23 juta. Pendapat Chen ditaksir mencapai USD 12,9 ribu perbulan atau USD 154 ribu pertahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp 187 juta dan Rp 2,2 miliar. Sementara itu Baekhyun...

[Gambas:Youtube]

Berselang dua bulan dari Chen, Baekhyun ikut membuat channel YouTube. Berbeda dari Chen yang banyak mengunggah konten menyanyi, Baekhyun lebih suka menampilkan vlog. Dari YouTube yang sudah dilanggan oleh 2,9 juta fans dan ditonton sebanyak 34 juta kali itu, pendapatan Baekhyun EXO dari YouTube ditaksir mencapai USD 3.500 per bulan atau USD 41.800 pertahun. Kira-kira nominalnya jika dikonversi ke Rupiah maka sama dengan Rp 50,9 juta dan Rp 607 jutaan.

6. Suhyun AKMU

[Gambas:Youtube]


Channel YouTube dari member Akdong Musician (AKMU) diberi nama Lee Suhyun. Channel Suhyun berisi beragam konten mulai dari vlog hingga hal-hal berbau kecantikan. YouTube Suhyun telah di-subscribe lebih dari 1,45 juta fans dengan total lebih dari 60 juta kali ditonton. Dengan begitu penghasilan Suhyun dari YouTube berkisar antara USD 12.300 per bulan hingga USD 147 ribu per tahun. Setara dengan Rp 178 juta dan Rp 2,1 miliar.

7. Bomi Apink

[Gambas:Youtube]


Channel YouTube Bbom Bbom Bbom milik Bomi Apink kini ditonton lebih dari 50 juta kali. Total 815 ribu subscriber telah dikumpulkannya selama setahun lebih aktif di YouTube. Pendapatan Bomi dari YouTube ditaksir mencapai USD 87.800 per tahun atau setara Rp 1,2 miliar. Per bulannya Bomi bisa mengumpulkan hingga USD 7.300 atau Rp 106 jutaan.

8. HyunA

[Gambas:Youtube]


Mulai menggeluti YouTube sejak September 2019, HyunA telah mengumpulkan lebih dari 1,68 juta subscriber. Kini total penonton buat semua video YouTube-nya mencapai 38 juta. Pendapatan HyunA diperkirakan mencapai Rp 94 juta per bulan atau Rp 1,1 miliar per tahun.

9. Taeyeon SNSD

[Gambas:Youtube]


Lewat channel Taenggoo TV, Taeyeon sudah memulai channel YouTube-nya sejak tahun 2013. Taeyeon bisa dikatakan salah satu idola K-Pop pionir yang aktif di YouTube bahkan sebelum tren YouTube menghajar industri hiburan Korea Selatan. Namun dari semua nama-nama di atas, pendapatan Taeyeon dari YouTube terbilang paling minim. Setidaknya Taeyeon bisa mengumpulkan Rp 29 juta per bulan hingga Rp 344 juta per tahun dari channel YouTube-nya yang sudah dilanggan oleh 1,23 juta subscriber dan ditonton 38 juta kali.

(ron/nu2)