detikHot

kpop

Somi di Birthday vs What You Waiting For, Lebih Suka Mana?

Kamis, 23 Jul 2020 17:45 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jeon Somi Foto: Jeon Somi (dok. Instagram)
Jakarta -

Jeon Somi atau kini lebih dikenal dengan nama panggung Somi resmi comeback dengan single terbarunya What You Waiting For. Di sini, Somi tampil beda dengan image yang ditampilkannya saat debut solo lewat lagu Birthday.

Sedikit throwback ke perilisan Birthday di tahun 2019, Somi menampilkan kesan remaja yang lebih ceria. MV-nya penuh dengan warna-warni mulai dari kostum yang digunakan hingga properti yang ditampilkan dalam adegan. Lagunya pun menyajikan keunikan vokal Somi yang kala itu disebut mirip vokal Meghan Trainor di lagu All About That Bass.

[Gambas:Youtube]

Birthday dirilis tidak berselang terlalu lama setelah Somi memutuskan buat keluar dari JYP Entertainment dan bergabung dengan sub-label YG Entertainment, The Black Label, yang dikepalai Teddy. Teddy adalah komposer dan produser di balik sukses lagu-lagu BLACKPINK saat ini. Tentu saja kemudian Teddy turun tangan buat memproduksi lagu buat Somi.

Teddy bekerja sama dengan beberapa nama seperti Brother Su, Bekuh, BOOM, Danny Chung, dan 24 untuk lagu ini. Somi pun turut serta dalam proses penulisannya.

Birthday mendapat sambutan yang meriah dari para penggemar Somi. Performa lagunya di chart pun terbilang baik. Lagu ini merangkak masuk di Billboard K-Pop Hot 100 dan berada di posisi tertingginya di nomor #18 kala itu. Di chart Billboard Amerika, lagu ini menempati peringkat #5 di chart World Digital Song Sales. Sementara di Korea Selatan Birthday bisa menempati peringkat 22 di Gaon Digital Chart.

Somi tidak mau lama-lama terjebak dalam image remaja yang quirky di Birthday. Di comeback-nya dengan What You Waiting For, Somi menampilkan musik yang benar-benar bertolak belakang dengan apa yang dibawakan di debut solonya.

[Gambas:Youtube]

What You Waiting for digubah Teddy bersama dengan tim yang sama yang menulis lagu Birthday buat Somi (plus R. TEE, minus Bekuh dan BOOM) dalam nuansa pop dengan sentuhan synth yang kental. Musiknya lebih terasa "masa kini" dengan vibe elektronik yang kental.

Tentu saja Somi juga tidak ketinggalan untuk ikut memproduksi lagu tersebut. Di What You Waiting For, Somi tercatat sebagai penulis lagu dan juga komposer dari lagu itu.

Secara lirik juga Somi memilih kata-kata yang hanya masuk akal dilakukan oleh orang dewasa. Seperti "drunk and wasted" misalnya. Karena usia Somi saat ini sudah masuk usia legal untuk minum alkohol di Korea, tentu ekspresi ini jadi relevan untuk dikatakan dalam sebuah lirik lagu. Lewat What You Waiting For Somi tampil lebih elegan dan terkesan lebih dewasa.

Di chart musik, What You Waiting For mulai merangkak naik. iChart Instiz mencatat lagu ini sudah masuk ke 20 besar tepatnya posisi #16. Jelang 24 jam setelah perilisannya, lagu ini sudah masuk ke Daily TOP 100 Melon di posisi #54. Genie TOP 100 Daily dan TOP 100 Realtime berturut-turut mencatat What You Waiting For ada di urutan #14 dan 18. Di Bugs lagu ini pun sukses menempati urutan #3 untuk chart harian dan #2 untuk chart realtime.

Birthday dan What You Waiting For adalah usaha Somi dalam menampilkan dua sisi berbeda dalam diri dan karier bermusiknya. Dua lagu tersebut sekaligus membuktikan bahwa dirinya adalah sosok solois K-Pop yang bisa menjajal berbagai konsep. Melihat tren girlband K-Pop saat ini yang kerap menyajikan konsep girl crush, Somi rasanya tidak akan gagal juga untuk tampil dengan konsep serupa.

Jadi, kamu lebih suka yang mana?




Simak Video "Deretan Artis Sukses yang Hengkang dari JYP Entertainment"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com