Taemin SHINee Pernah Kolaborasi dengan Bruno Mars hingga EXO

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 19 Jul 2020 09:00 WIB
Taemin SHINee
Foto: noel/detikhot
Jakarta -

Taemin SHINee baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-27. Para SHINee World (Shawol, fans SHINee) merayakan ulang tahun Taemin dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang dilakukan Shawol adalah membuat tagar di Twitter dan menjadikannya trending topic dunia. Taemin pun jadi nama yang paling banyak dicari di Google selama 24 jam terakhir.

Debut bersama SHINee di tahun 2008, Taemin kini juga sukses dikenal sebagai penyani solo. Selain itu SM Entertainment juga mengikutsertakan dirinya ke dalam grup multi nasional SuperM.

Sepanjang kariernya, Taemin cukup banyak melakukan kolaborasi dalam hal musik. Berikut beberapa kolaborasi Taemin:

1. Bruno Mars

Bruno MarsBruno Mars Foto: Instagram @brunomars

Taemin pernah berkolaborasi dengan Bruno Mars. Meski tidak bernyanyi bersama atau bertemu langsung. Namun lagu andalan di album solo Press It, Taemin menyanyikan lagu yang musiknya ditulis oleh Bruno Mars.

Lagu tersebut adalah title track di album Press It yaitu Press Your Number. Nama Bruno Mars ada di daftar pembuat musik dari lagu ini bersama dengan sederet komposer lain seperti Jonathan Yip, Ray Romulus, Jeremy Reeves, Ray Charles McCullough II, dan Philip Lawrence.

2. Jonghyun

JonghyunJonghyun Foto: Jonghyun/SM Entertainment

Di album solonya, Taemin juga pernah berkolaborasi dengan rekan sesama member di SHINee yaitu Jonghyun. Jonghyun ikut menulis lagu yang berjudul Already yang juga ada di studio album pertama SHINee Press It.

Dalam lagu tersebut Jonghyun bertindak sebagai penulis lirik lagu. Bersama dengan Teddy Riley, Lee Hyun Seung, DOM, dan Daniel Obi Klein, Jonghyun juga ikut serta membuat musiknya.

3. Seulgi Red Velvet

Teaser Foto Seulgi Red Velvet untuk debut sub-unit Irene & SeulgiTeaser Foto Seulgi Red Velvet untuk debut sub-unit Irene & Seulgi Foto: Dok. SM Entertainment

Taemin menggaet Seulgi Red Velvet untuk berkolaborasi dalam sebuah lagu di album Move yang dirilis tahun 2017. Dalam track berdurasi 2 menit 55 detik itu, Taemin dan Seulgi menyanyikan lagu berjudul Heart Stop.

4. Henry Lau

henry lauhenry lau Foto: Instagram @henryl89

Di lagu Henry yang berjudul Trap, Taemin bersama Kyuhyun digaet Henry sebagai "bintang tamu". Lagu ini merupakan lagu debut solo Henry ketika masih bernaung di bawah label SM Entertainment. Taemin menyanyikan sedikit part di bagian kedua lagu.

5. Kai EXO

kai exokai exo Foto: Instagram @weareone.exo

Di album debut solonya Ace, Taemin mengajak teman dekatnya buat nyanyi bareng. Dia adalah Kai dari EXO (yang waktu itu masih aktif dengan sub-unit EXO-K sehingga nama Kai ditulis sebagai member EXO-K oleh manajemen).

Lagu kolaborasi Taemin dan Kai ini berjudul Pretty Boy. Lagu tersebut semakin istimewa karena lirik lagunya juga ditulis oleh Jonghyun SHINee.

(ron/aay)