Jahatnya Netizen Korea ke Idola K-Pop, Body Shaming hingga Kirim Video Vulgar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 09 Jul 2020 06:00 WIB
Minzy
Foto: YG Entertainment
Jakarta -

Komentar netizen Korea di internet memang terkenal jahat. Tak sedikit selebriti yang mengaku tertekan hingga merasakan depresi karena hal tersebut.

Beberapa di antaranya adalah Minzy eks 2NE1, Sandara Park, Solji EXID, dan Jamie. Para idola K-Pop ini punya pengalaman tak menyenangkan dengan netizen dan komentar jahatnya.

Begini pengakuan mereka:

1. Jamie (Park Jimin) terima video vulgar dari netizen

Park JiminPark Jimin Foto: Park Jimin (dok. ist)

Jamie yang sebelumnya dikenal dengan nama Park Jimin, mengaku pernah menerima video vulgar dari netizen lewat DM Instagram-nya. Jamie juga pernah menerima hinaan soal operasi payudara yang tidak pernah dilakukannya.

"Salah satu yang mereka lakukan adalah mengirim fotoku yang sudah direkayasa. Atau mereka membandingkan tubuhku dengan buah-buahan. Mereka juga pernah mengirim video menggunakan pakaian latex dan membuat suara mendesah," katanya dalam sebuah episode Video Star baru-baru ini.

2. Minzy eks 2NE1 dibilang jelek

MinzyMinzy Foto: YG Entertainment

Minzy debut di usia yang sangat muda bersama 2NE1. Namun di awal kariernya, Minzy mengaku kerap menerima komentar jahat. Netizen terus-terusan menyebut dirinya jelek.

"Komentar yang paling menyakitiku adalah ketika orang-orang berkomentar, 'Dia sangat jelek, bagaimana dia bisa jadi penyanyi?'. Menurutku untuk menjadi penyanyi kau harus bisa bernyanyi. Aku sangat terluka ketika membaca komentar itu di usia muda. Itu membuatku berpikir apakah aku memang jelek?" kata Minzy.

Minzy juga pernah dibilang pengkhianat oleh netizen. Karena dia jadi member pertama 2NE1 yang keluar dari grup sebelum akhirnya YG Entertainment memutuskan untuk membubarkan 2NE1.

"Karena hiatus aku merasakan hari-hari yang berat. Aku sangat stres hingga depresi karena itu. Setelah keluar dari grup, orang-orang menyebutku pengkhianatan. Rumor dan berita yang salah beredar. Jujur, itu adalah hal terberat yang harus aku tangani saat berusia 22 tahun. Sulit untukku berdamai dengan hal itu," lanjut Minzy.

3. Solji EXID diminta keluar dari grup

Solji EXIDSolji EXID Foto: Solji EXID

Solji pernah hiatus dari EXID selama nyaris dua tahun. Saat itu memang dia sedang mengalami masalah kesehatan dan harus melakukan operasi. Namun justru absennya Solji dari panggung membuatnya menerima komentar jahat. Dia diminta keluar dari grup agar tidak merusak citra EXID.

"Aku sangat sakit dan menyesal karena tidak bisa bersama para member. Jadi ketika itu aku berpikir apakah aku sebaiknya keluar saja? Komentar jahat itu benar-benar menyakitiku," akunya.

Karena komentar netizen yang terlalu jahat di internet, aktivis di Korea Selatan sempat menyerukan untuk mengesahkan Sulli Act. Sebuah undang-undang yang dibuat untuk melindungi korban cyber bullying dan menindak tegas para komentator jahat. Sayangnya undang-undang tersebut belum berhasil tembus ke Majelis Nasional di tahun 2019.

(ron/nu2)