BLOO Downtown Baby, Lagu yang Kalahkan IU x Suga BTS di Chart Musik

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 22 Jun 2020 21:15 WIB
Rapper Korea BLOO
Foto: dok. MKIT RAIN RECORDS
Jakarta -

Nama BLOO tiba-tiba meroket setelah lagu lamanya yang dirilis tahun 2017 dinyanyikan Lee Hyori di variety show How Do You Play. Dalam variety show yang dipandu oleh Yoo Jae Suk itu, Lee Hyori tampil bersama Rain.

Lagu BLOO yang berjudul Downtown Baby dinyanyikan Lee Hyori dalam salah satu episode How Do You Play. Di episode tersebut, masing-masing pembawa acara yang direncanakan debut sebagai grup bernama SSAK3 diharuskan menampilkan bakat bernyanyi mereka.

Lee Hyori memilih lagu Downtown Baby dari BLOO. Setelah episode itu tayang, lagu ini langsung meroket di chart musik utama Korea seperti Melon. Sebuah keajaiban yang membuat BLOO sendiri tidak percaya dengan apa yang terjadi. Tak heran karena persaingan di chart musik di Korea Selatan sangatlah sengit. Lagu baru saja belum tentu bisa nomor satu apalagi ini lagu yang sudah dirilis tiga tahun yang lalu.

Downtown Baby langsung populer. Bahkan berhari-hari setelah episode How Do You Play tayang, banyak orang masih mencari lagu tersebut di platform Melon dan mendengarkannya. Pantauan detikcom dari data kombinasi chart semua platform streaming di Korea Selatan saat ini yang dicuit akun Instiz Chart, lagu BLOO telah berhasil menggeser IU x Suga BTS dengan lagu 'Eight' yang sudah ada di peringkat pertama selama berminggu-minggu.

Tidak hanya di Melon saja, Downtown Baby juga menempati peringkat satu di Genie, FLO, Vibe, Bugs, dan Soribada. Popularitas BLOO yang mendadak ini menjadikannya satu dari sedikit penyanyi Korea yang beruntung bisa sukses setelah lagu mereka tampil di televisi Nasional.

BLOO berterima kasih kepada Lee Hyori atas pencapaian ini. Tanpa sang idola K-Pop senior mungkin lagu Downtown Baby masih terkubur di antara ribuan lagu-lagu K-Pop yang ada di platform streaming Melon. Bisa nomor satu di chart itu saja sudah sangat luar biasa, apalagi mengalahkan IU x Suga.

[Gambas:Instagram]


Popularitas Yoo Jae Suk dan variety show-nya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Lagu-lagu yang dirilis dari variety show atau pernah ditampilkan dalam variety show memang seringkali populer. Sederet lagu yang dirilis Infinity Challenge beberapa tahun lalu misalnya (IU x Park Myung Soo, Kwang Hee x GD&Taeyang, Hyukoh, dan lainnya) sempat juga merajai chart musik.

Namun BLOO masih punya pesaing besar di bawahnya saat ini: IU. Baru-baru ini, IU merilis single terbarunya buat acara survival I-LAND yang berjudul Into the I-LAND. Tak butuh waktu lama buat IU yang sudah dikenal sebagai Digital Monster untuk menempati peringkat teratas di tangga lagu. Kini BLOO harus berhadapan dengan dua lagu IU karena Eight yang dinyanyikannya bersama Suga juga masih ada di posisi tiga besar.

[Gambas:Instagram]

Di urutan keempat dan kelima rupanya masih diisi oleh OST Hospital Playlist. Jeon Mi Do dengan I Knew I Love dan Jo Jung Suk dengan Aloha masih bertahan di chart musik berminggu-minggu setelah dramanya berakhir.

Sekilas profil BLOO, dia adalah penyanyi bernama asli Kim Hyunwoong yang tergabung dalam manajemen MKIT RAIN RECORDS. BLOO debut di tahun 2016 dalam kru musik bernama 42. Dia adalah campuran Korea, Jepang, dan Filipina yang lama tinggal di Los Angeles, California. BLOO lahir 12 Oktober 1994 dan saat ini aktif di Instagram @badboyloo.

Excited menunggu perilisan lagu BLOO setelah Downtown Baby populer! Dengarkan lagunya di bawah ini:


[Gambas:Youtube]




(ron/nu2)