Stay Gold BTS, Lagu Penyemangat untuk ARMY

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Sabtu, 20 Jun 2020 11:45 WIB
LOS ANGELES, CA - NOVEMBER 19:  BTS poses in the press room during the 2017 American Music Awards at Microsoft Theater on November 19, 2017 in Los Angeles, California.  (Photo by Alberto E. Rodriguez/Getty Images)
Foto: Getty Images/Alberto E. Rodriguez
Jakarta -

BTS terus memberi semangat kepada ARMY di masa sulit ini melalui kata-kata dan penampilan mereka secara daring. Kini mereka juga merilis lagu bertajuk Stay Gold yang merupakan lagu bonus di album Map of the Soul: 7 ~The Journey~.

In a world where you feel cold/ You gotta stay gold.

Demikian adalah kutipan lirik dari lagu Stay Gold milik BTS. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook mengajak siapa pun yang mendengarkan lagunya untuk tak patah semangat.

Peeking moonlight/ Won't let sleet tonight/ Hold my hand tight/ I don't want to let go.

Stay Gold dinyanyikan dalam bahasa Jepang dengan sejumlah lirik berbahasa Inggris. BTS tetap dengan ranah musik mereka, menggabungkan beat hip-hop lembut dengan melodi pop yang menyenangkan di bagian chorus.

Stay Gold dirilis tak lama setelah BTS memecahkan rekor melalui tangga lagu musik Jepang, Oricon. Pada 19 Juni, Oricon mengumumkan BTS merajai penjualan album di Jepang di paruh pertama 2020.

Album Map of the Soul: 7 berhasil terjual lebih dari 429 ribu unit album. Angka tersebut diraih 4 bulan setelah album dirilis pada februari 2020.

Oricon juga mengumumkan BTS merupakan musisi luar Jepang pertama setelah 36 tahun yang berhasil meraih angka tersebut. Artis luar negeri pertama yang berhasil menempati posisi pertama adalah Michael Jackson, yang merilis album Thriller pada 1984.

Hal ini menunjukkan Jepang masih menghargai dan mencintai musisi-musisi negara mereka sendiri dibandingkan musisi dari negara lain. Apalagi penjualan terbesar musisi Jepang masih berasal dari album fisik dan DVD, dan bukan dari layanan streaming atau penjualan album secara online.

Sementara itu, Map of the Soul: 7 ~The Journey~ akan dirilis di Jepang dan secara digital dalam skala global pada 14 Juli 2020. BTS juga akan merilis album ini dalam versi CD di Amerika Serikat pada 7 Agustus 2020.

Termasuk di dalam album lagu-lagu original Jepang BTS seperti Lights, juga versi Jepang dari lagu-lagu hits mereka seperti Idol hingga On.

(dal/ron)