detikHot

kpop

BTS Samai Rekor Michael Jackson dalam Penjualan Album Chart Oricon

Jumat, 19 Jun 2020 12:32 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
BTS Foto: BTS (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta -

BTS baru saja mencetak sejarah di chart Oricon. Mereka bahkan menyamai rekor yang pernah dibuat oleh Michael Jackson. Keren!

Pada 19 Juni, chart musik Jepang tersebut mengumumkan BTS telah merajai penjualan album di paruh pertama 2020. Album Map of the Soul: 7 berada di posisi pertama setelah menjual lebih dari 429 ribu unit album di Jepang.

Sebelumnya Map of the Soul: 7 juga telah merajai chart harian, mingguan, dan bulanan setelah dirilis pada Februari 2020.

Namun rekor tersebut bukan hanya rekor personal. Prestasi yang diperoleh BTS adalah pertama kalinya setelah 36 tahun seorang artis luar Jepang berhasil merajai chart album Oricon.

Artis luar Jepang terakhir yang pernah meraih prestasi tersebut adalah Michael Jackson pada 1984 lewat lagu Thriller.

Selain itu, BTS adalah artis pria pertama yang berhasil merajai chart Oricon setelah 3 tahun. Pada 2017, boyband legendaris SMAP berhasil meraih prestasi yang sama.

Sementara itu, BTS juga menjadi satu-satunya album dari artis Korea yang dipilih oleh Rolling Stone masuk dalam daftar 50 Album Terbaik di 2020 sejuh ini. Album Map of the Soul: 7 berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

"Map of the Soul:7 milik BTS adalah album yang paling luar biasa hingga kini. Album ini menunjukkan berbagai macam gaya pop berbeda, dari lagu rap hingga ballad," tulis Rolling Stone.

"Ketujuh member sudah bersama selama 7 tahun. Hal ini menginspirasi mereka untuk menceritakan apa yang mereka lalui sambil terus berjalan menyambut masa depan," pungkasnya. Selamat BTS!




Simak Video "BTS Pecahkan Rekor 5 Tahun Adele Lewat 'Black Swan'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com