Gagal di Broadway, Mimpi Dita Karang Terwujud di Korea Selatan

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 24 Mei 2020 21:20 WIB
Dita Karang, Idol KPop pertama dari Indonesia
Dita Karang / Foto: Instagram @ditakarang
Jakarta -

Perjalanan Dita Karang, member girlband K-Pop Secret Number asal Indonesia, untuk debut di Korea Selatan tidaklah mudah. Sebelum banting setir ke K-Pop, Dita pernah mengadu nasib dan mencoba audisi sebagai bintang Broadway.

Dita Karang adalah lulusan AMDA (American Musical and Dramatic Academy). Sebuah akademi prestisius di New York yang sudah berdiri sejak tahun 1964. Akademi ini telah menghasilkan banyak bintang Broadway papan atas yang berakting di judul Broadway populer seperti Hamilton hingga Les Miserables.

Di AMDA, Dita mengambil jurusan dance. Namun memang ketika kuliah di sana selama dua tahun, dia juga mendapat kelas akting hingga menyanyi. Usai kuliah, Dita pun mencoba peruntungan di berbagai audisi buat proyek Broadway.

"Di masa-masa sedang ada di New York, aku ikut audisi Broadway tapi nggak keterima. Biasanya aku apply (ke audisi) dan nanti mereka yang menentukan tipe karakter apa yang mereka butuhkan. Walaupun aku lulusan sekolah musikal, temen-temenku keren-keren semua, tapi banyak yang nggak dapet (proyek). Aku jadi kayak yang... wah nggak gampang emang," kata Dita ketika berbincang dengan Dian Sastrowardoyo di sesi Live Instagram pada Minggu (24/5/2020).

Dita sempat mengalami keterpurukan karena banyaknya audisi yang gagal. Dia mengaku pernah audisi untuk proyek kecil namun merasa bahwa itu bukan tujuan utamanya.

"Aku kayak pengin perform di stage yang besar. Waktu itu aku stres karena gagal terus. Kok nggak ada yang nyangkut. Di situlah aku kemudian berpikir, aku tahu aku suka K-Pop, aku daftar kelas dance K-Pop di studio di New York," katanya.

Dita Karang, Idol KPop pertama dari IndonesiaDita Karang, Idol KPop pertama dari Indonesia Foto: Instagram @secretnumber.official

Dari situlah kemudian Dita mengikuti serangkaian audisi untuk jadi trainee di manajemen K-Pop. Termasuk dia juga pernah ikut audisi untuk SM Entertainment, JYP Entertainment, hingga YG Entertainment. Sayangnya ketiga manajemen itu tidak meloloskannya.

Sampai akhirnya perwakilan dari Vine Entertainment menaruh ketertarikan pada dirinya. Namun tidak langsung diterima, Dita Karang masih harus menjemput bola hingga ke Korea Selatan. Dia audisi lagi di Vine Entertainmet setelah audisi di New York dan barulah diterima sebagai trainee.

Sekarang mimpi Dita Karang menjadi nyata. Dia bisa tampil di panggung acara musik televisi populer seperti KBS 'Music Bank' hingga SBS 'Inkigayo' bersama dengan Secret Number. Dian Sastrowardoyo juga memuji kemampuan vokal Dita yang disebutnya sangat khas dan berbeda.

Secret Number debut dengan lagu berjudul 'Who Dis' yang bergenre pop. Di sini, Dita tak hanya bernyanyi namun juga menjajal lirik rap dalam lagu tersebut.

[Gambas:Youtube]



(aay/imk)