detikHot

kpop

Deretan Artis Korea yang Bunuh Diri, dari Jonghyun hingga Sulli

Jumat, 03 Apr 2020 17:15 WIB Muhammad Rifqie Putra - detikHot
Sulli Foto: Instagram @jelly_jilli/Deretan Artis Korea yang Bunuh Diri, dari Jonghyun hingga Sulli
Jakarta -

Menurut WHO, angka bunuh diri di Korea Selatan merupakan salah satu yang tertinggi. Korea Selatan berada di peringkat 10, dan pada 2012 bunuh diri merupakan penyumbang kematian tertinggi keempat di Korea Selatan.

Di Korea Selatan, aksi bunuh diri ini juga menghinggapi dunia entertainment Korea. Di balik romantisme, keceriaan, dan paras menawan para artisnya, dunia entertainment Korea Selatan ternyata menyimpan banyak sisi kelam sang artis. Sedikit kesalahan yang mereka buat maka fatal akibat yang akan diterima.

Tidak sedikit para artis ini mengeluh akan depresi yang menghinggapi mereka. Bahkan tidak sedikit juga para artis ini memilih lajur bunuh diri sebagai jalan keluar depresi tersebut.


Berikut artis Korea Selatan yang bunuh diri dari berbagai sumber:




1. Jonghyun SHINee

Meninggal pada 18 Desember 2017, Jonghyun meninggal dengan cara membakar briket batubara di atas penggorengan di dalam ruang tertutup. Selama hidupnya, Jonghyun tidak banyak memberitahu bahwa ia mengalami depresi sehingga memutuskan untuk bunuh diri. Pada 19 Desember, sebuah sumber dari kepolisian Gangnam menyatakan, "Hasil investigasi kami secara meyakinkan menyimpulkan bahwa ia meninggal karena bunuh diri, dan oleh karena itu kami tidak akan melakukan otopsi. Keluarganya berharap agar otopsi tidak dilakukan."

2. Lee Eun Joo

Aktris Korea ini meninggal pada tahun 2005. Dia memotong pergelangan tangannya dan menggantung diri. Keluarganya mengatakan bahwa penyebab bunuh diri Lee Eun Joo adalah serangan depresi, penyakit mental yang parah, dan menderita insomnia karena adegan telanjang yang dia lakukan dalam "The Scarlet Letter".

3. Choi Jin Sil

Salah satu aktris populer di Korea ini ditimpa rentetan kejadian seperti manager bunuh diri, suaminya kasar, dan diputus kontrak oleh perusahaan iklan. Ia juga pernah dituduh terlibat pada kasus bunuh diri sahabatnya, Ahn Jae Hwan. "Ia kami yakini telah menggantung diri di kamar mandi rumahnya di Seoul, ucap Yang Jae Ho, Kepala Penyelidik Seocho, Seoul.

4. Chae Dong Ha

Mantan personel SG Wannabe ini diduga mengalami depresi akibat kematian sang manajer. Dia terus memendam sendiri hal itu hingga memutuskan untuk bunuh diri. Polisi secara resmi mengumumkan bahwa penyanyi itu bunuh diri dengan menggunakan dasi sebagai alat untuk menggantung diri di lemari.

5. Jeon Mi Seon

Aktris papan atas Korea ini dikenal lewat penampilannya di Love Is a Crazy Thing. Jeon Mi Seon ditemukan tewas di salah satu hotel di Jeonju. Ia meninggal akibat bunuh diri. Rumornya ia mengalami depresi akibat penyakit ibunya dan kematian salah satu kerabatnya. Setelah penyelidikan mereka, Polisi Jeonbuk mengkonfirmasi bahwa Jeon Mi-Seon, 48, melakukan bunuh diri di kamar hotelnya pada 29 Juni 2019.

6. Jang Ja Yeon

Dikenal berkat penampilannya di Boys Before Flowers, Ja Yeon mengalami depresi dan mengakhiri hidupnya. Sebelum meninggal, Ja Yeon menceritakan bahwa dirinya telah menjadi korban pelecehan seksual oleh 31 pria selama satu tahun. Polisi melancarkan penyelidikan atas penyebab kematiannya dan klaim pelecehan seksualnya. Penyebab kematian Jang Ja Yeon dinyatakan bunuh diri, karena penyelidik tidak menemukan bukti adanya pelanggaran.

7. Sulli

Sulli meninggal pada 14 Oktober 2019, setelah ditemukan gantung diri oleh manajernya di rumahnya, di Seongnam. Oleh kantor polisi Seongnam, Sujeong mengkonfirmasi bahwa Sulli telah meninggal dunia akibat bunuh diri. Oleh beberapa media dikabarkan bahwa Sulli meninggal akibat tidak tahan diserang oleh cyberbullying terus-menerus.

8. Park Yong Ha

Artis Korea yang bunuh diri berikutnya yakni Park Yong Ha. Dia dikenal berkat bermain di Winter Sonata bersama Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo. Park Yong-ha, dilaporkan ditemukan oleh ibunya setelah menggantung diri dengan kabel listrik. Polisi mengatakan Park telah berada di bawah tekanan mencoba mengelola perusahaan hiburan dan kariernya saat ayahnya berjuang melawan kanker.




Simak Video "Keluarga Kecewa Mantan Kekasih Goo Hara Hanya Dihukum 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com