Mantul! Video 'ON' BTS Catat Sejarah Jumlah Penonton di YouTube

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 05 Mar 2020 11:43 WIB
BTS
Foto: Twitter @BTS_official
Jakarta -

Comeback BTS kali ini penuh dengan prestasi dan catatan penting di sejarah musik K-Pop. Tak hanya jadi artis K-Pop dengan lagu terbanyak di Billboard Hot 100, BTS juga menorehkan sejarah di YouTube.

Ada dua video yang dirilis BTS di bulan Februari lalu untuk comeback album 'Map of the Soul: 7'. Di antaranya adalah 'ON' versi kinetic manifesto film yang dirilis 21 Februari dan 'ON' versi sinematik yang dirilis 28 Februari. Kedua video memperoleh jumlah penonton luar biasa dalam 24 jam pertama.

Video 'ON' versi sinematik menjadi video dengan penonton premiere di YouTube paling banyak pada saat perilisannya. Selain itu, MV ini juga memecahkan rekor sebagai video peraih 10 juta penonton tercepat.

YouTube mengeluarkan data resminya soal video 'ON' versi sinematik. 24 jam setelah rilis, video tersebut telah disaksikan sebanyak 43,8 juta kali. Perolehan ini menjadikan MV 'ON' versi sinematik dari BTS sebagai video dengan jumlah penonton dalam 24 jam pertama terbanyak ketujuh di sejarah YouTube.

Dikutip dari Forbes, video versi kinetic manifesto film dari 'ON' ternyata mendapat angka penonton jauh lebih banyak. Yaitu 46,5 juta kali dalam 24 jam pertama perilisannya. Sehingga versi kinetic manifesto film ini menjadi video dengan jumlah penonton dalam 24 jam pertama terbanyak kelima di YouTube.

Perhitungan jumlah penonton ini memang sempat jadi kontroversi di kalangan ARMY. Mereka menyebut YouTube menghilangkan lebih dari 10 juta view dari video 'ON'. Namun YouTube menjelaskan bahwa hilangnya jumlah penonton tersebut berkaitan dengan proses validasi.

"Sangat normal kalau angka jumlah penonton melambat, tiba-tiba berhenti, atau disesuaikan setelah kami melakukan verifikasi keakuratan jumlah penonton," terang YouTube.

Prestasi BTS ini menambah daftar torehan sejarah buat mereka dalam industri musik K-Pop di kancah dunia. Mantap betul, BTS!


[Gambas:Youtube]






Simak Video "BTS akan Bawakan 'Dynamite' di MTV VMA 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ron/imk)