detikHot

kpop

Sidang Manipulasi Voting 'Produce 101' Digelar, #JUSTICEFORX1 Bergaung

Jumat, 07 Feb 2020 16:28 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
X1 Foto: X1 (dok. Twitter)
Jakarta -

One It, sebutan untuk para penggemar X1, seolah tak kenal lelah menyuarakan dukungan mereka buat grup jebolan 'Produce X 101' tersebut. Penggemar masih mencari keadilan buat X1 yang dibubarkan oleh Mnet dan CJ E&M.

Dipantau detikHOT pada Jumat (7/2/2020) tagar #JUSTICEFORX1 bertengger di trending topic teratas di Indonesia. Sementara di trending topic dunia tagar ini menempati peringkat kedua.

Mengalirnya cuitan penggemar dengan tagar ini dikarenakan sidang perdana dari kasus manipulasi voting 'Produce 101' akhirnya digelar di Seoul. Hadir dalam sidang tersebut delapan terdakwa dalam kasus ini.

Mereka adalah PD (producing director) Ahn Joon Young, chief producer Kim Yong Bum, dan PD Lee. Hadir juga lima terdakwa dari agensi-agensi yang dicurigai melakukan suap agar trainee mereka bisa debut dari acara Mnet tersebut.

Lewat kuasa hukumnya, Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum mengakui bahwa mereka melakukan manipulasi SMS voting. Mereka juga mengutarakan alasan kenapa mereka melakukannya.

"Kim Yong Bum mendengar ada trainee dari Season 2 yang tidak ingin debut (bersama Wanna One), jadi yang dia pahami bahwa trainee tersebut ingin keluar (dari line up debut) dan menaikkan peringkat trainee-trainee yang ada di bawahnya. Memang ini bukan metode yang transparan, tetapi ini bukan karena alasan pribadi atau pun karena adanya suap," kata kuasa hukum dua pihak Mnet tersebut.

Sidang kasus manipulasi voting 'Produce 101' ini masih akan berlanjut 6 Maret mendatang. Hingga berita ini diterbitkan, cuitan dari penggemar tak berhenti mengalir. Menuntut CJ E&M untuk bertanggung jawab atas nasib X1. Fans merasa bahwa X1 masih berhak untuk tampil di publik dan berpromosi sebagai grup.




Simak Video "Ada Empat Agensi yang Setuju X1 Tak Dibubarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ron/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com