detikHot

kpop

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019

Selasa, 24 Des 2019 15:51 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Chung Sung-Jun/Getty Images
Jakarta - 2019 bukan tahun yang baik untuk K-Pop. Tak sedikit insiden buruk terjadi, mulai dari kontroversi prostitusi, narkoba, hingga para selebriti yang berpulang.

Berikut 10 berita paling menghebohkan jagad K-Pop selama 2019:

1. Skandal Seungri dan Burning Sun

Hot Breaking News in K-PopFoto: Chung Sung-Jun/Getty Images
Skandal yang melibatkan kelab malam Burning Sun awalnya dimulai dari insiden baku hantam. Setelah penyelidikan lebih dalam, pada akhirnya diketahui kelab malam tersebut menunggak pajak, hingga menjadi tempat prostitusi dan jual-beli narkoba.

Nama Seungri akhirnya dibawa-bawa, dan dinyatakan sebagai tersangka atas kasus penyedia jasa prostitusi, yang pada akhirnya membuat Seungri memutuskan untuk hengkang dari BIGBANG dan dunia hiburan pada Maret 2019.

2. Kasus Burning Sun Menyeret Jung Joon Young

Hot Breaking News in K-PopFoto: Chung Sung-Jun/Getty Images
Dalam penyelidikan kasus Burning Sun, terungkap sebuah chatroom beranggotakan Seungri, Jung Joon Young, Choi Jong Hoon eks FT Island, dan sejumlah selebriti lainnya.

Chatroom tersebut berisi video-video seks yang disebar oleh para anggotanya. Beberapa di antaranya merupakan video yang diambil tanpa sepengetahuan pasangan, hingga video berupa pemerkosaan.

Karena insiden ini, Jung Joon Young pun divonis 6 tahun penjara, dan Choi Jong Hoon dihukum 5 tahun penjara. Persidangan terkait kasus ini masih terus berjalan, terlebih setelah Jung Joon Young mengajukan banding atas kasusnya.

3. Kasus Narkoba B.I

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Dok. Instagram/shxbi131
Masih melibatkan artis YG Entertainment, B.I 'iKON' terlibat kasus narkoba setelah oknum 'A' mengungkap sang musisi telah melakukan pembelian dan transaksi ganja pada 2016.

Tak lama setelah skandal terungkap, B.I memutuskan untuk hengkang dari iKON dan juga YG Entertainment. Semenjak itu ia terus memenuhi panggilan polisi dan pada akhirnya mengakui beberapa tuduhan yang dilayangkan kepadanya.

4. Skandal Yang Hyun Suk Membuatnya Hengkang dari YG Entertainment

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Dok. Dispatch
Yang Hyun Suk terlibat sejumlah kontroversi sebelum pada akhirnya memutuskan untuk hengkang dari YG Entertainment. Semua bermula dari penggeledahan yang dilakukan di kantor YG tak lama setelah kasus Seungri dan B.I menjadi perhatian publik.

Dari penyelidikan, Yang Hyun Suk diduga melakukan penghancuran bukti, hingga mengancam 'A' terkait kasus B.I. Ia disebut mengancam 'A' agar mau mengubah kesaksian yang tak ia buat kepada polisi soal kasus B.I.

Pada akhirnya, Yang Hyun Suk memilih untuk berhenti menjadi CEO YG Entertainment pada Juni 2019. Setelahnya, ia terus memenuhi panggilan kepolisian.

Saat penyelidikan dilakukan, muncul bukti-bukti keterlibatan Yang Hyun Suk atas skandal besar lainnya. Ia dituntut atas perjudian, hingga penyedia layanan prostitusi. Namun mengenai skandal prostitusi, pihak kepolisian mengaku tidak menemukan bukti-bukti atas kasus terkait.

5. Kasus Narkoba Park Yoochun

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Istimewa
Park Yoochun masih terlibat skandal pada 2019. Setelah dilaporkan atas kasus pelecehan seksual oleh lima perempuan di 2016, Park Yoochun kembali harus berhadapan dengan pihak berwajib.

Pada April 2019, MBC 'News Desk' mengungkap bukti berupa rambut Park Yoochun untuk dilakukan tes narkoba. Hasil tes dinyatakan positif, dan polisi memperoleh cukup bukti untuk meneruskan kasus ini.

Park Yoochun akhirnya dikeluarkan dari agensi, dan resmi hengkang dari JYJ.

6. Sulli Bunuh Diri

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Instagram @jelly_jilli
Sulli adalah salah satu selebriti K-Pop yang terbuka soal masalah depresi yang dialami. Apalagi depresi tersebut disebabkan oleh komentar-komentar jahat yang ditulis oleh netizen di internet.

Hingga pada Oktober 2019, kabar Sulli mengejutkan para penggemar. Ia meninggal dunia bunuh diri di kediamannya di Seongnam, Korea Selatan.

Pemakaman Sulli digelar secara tertutup, dan hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

7. Goo Hara Meninggal Dunia

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Dok. Instagram/koohara_
Hanya berselang satu bulan setelah kepergian Sulli, Goo Hara juga dikabarkan meninggal dunia. Keduanya memang dikenal sebagai sahabat dekat, sehingga kabar kematian Goo Hara membuat fans terkejut.

Kematian Goo Hara membuat sang mantan kekasih, Choi Jong Bum, diserang oleh publik. Keduanya memang terlibat masalah hukum terkait kekerasan dan pelecehan seksual. Tak sedikit yang kemudian menyalahkannya atas kematian Goo Hara.

8. Kang Daniel Depresi

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Kang Daniel (dok. Instagram)
Kang Daniel mengalami depresi setelah menulis pesan mengkhawatirkan di fancafe. Ia mengaku sudah lelah karena terus-terusan diserang oleh haters.

Mengenai hal tersebut, KONNECT Entertainment, sebagai manajemen yang menaungi Kang Daniel, akhirnya merilis pernyataan. Mereka menyebut kabar depresi yang dialami Kang Daniel benar adanya.

Semenjak itu, Kang Daniel disebut rajin menjalani terapi. Saat ini, sang idola masih memilih untuk vakum dari dunia hiburan.

9. Wonho Hengkang dari MONSTA X karena Kasus Utang dan Narkoba

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Wonho 'MONSTA X' (dok. Instagram)
Wonho dituding tak membayar utang oleh mantan bintang TV, Jung Da Eun. Gara-gara tudingan tersebut, ia memilih untuk hengkang dari MONSTA X.

Tak hanya bicara soal utang, Jung Da Eun juga menyebut Wonho pernah pakai ganja pada 2013. Kala itu keduanya masih tinggal bersama sebagai teman di Yeoksam-dong, Korea Selatan.

Pihak kepolisian pun rupanya sudah melakukan penyelidikan terkait kasus ganja Wonho setelah mendapatkan kesaksian dari 'C' dan Jung Da Eun. Pihak kepolisian ternyata sudah bertemu dengan Wonho akhir September 2019 setelah MONSTA X kembali dari Jerman untuk mengambil sampel dari rambut Wonho.

Hingga kini, penyelidikan masih terus berjalan. Sehingga, pihak kepolisian masih belum bisa mengungkap detilnya. Satu hal yang pasti, pihak berwajib kemungkinan akan memanggil kembali Wonho untuk diinvestigasi tergantung dengan hasil tes dari sampel rambut Wonho.

10. Skandal Produce 101

10 Peristiwa K-Pop Terhot 2019Foto: Mnet.
PD Ahn Joon Young mengaku telah melakukan manipulasi terhadap 4 seri 'Produce 101'. Kabar tersebut berakibat pada X1 dan IZ*ONE yang memilih untuk hiatus sementara.

Dalam dokumen pengadilan yang terungkap, disebut ada sejumlah manajemen yang memberikan suap kepada Ahn Joon Young (sutradara) yang bertanggung jawab dalam semua seri 'Produce 101'. Ada 4 manajemen yang diduga melakukan suap.

Presiden Starship Entertainment, Kim, dan wakilnya, terbukti ikut terlibat. Begitu juga dengan Lee, karyawan Woolim Entertainment. Ryu, sebagai pegawai 8D Creative juga kabarnya terlibat, begitu juga dengan Around Us Entertainment.

Pihak CJ Entertainment dan Mnet hingga kini masih belum buka suara terkait nasib X1 dan IZ*ONE. Kabarnya, nasib mereka akan ditentukan setelah pergantian tahun.




Simak Video "Jung Joon Young Dituntut 7 Tahun Penjara, Choi Jong Hoon 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Top Ten 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com