detikHot

kpop

Mengulik Rahasia DAY6 Membuat Lagu-lagu Hits

Sabtu, 30 Nov 2019 18:19 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: DAY6 Foto: DAY6
Jakarta - Debut pada 2014, jalan DAY6 tak selalu mulus. Setelah permasalahan yang membuat mereka harus kehilangan satu member, Jae Cs tetap bisa mempertahankan kiprah mereka di dunia musik K-Pop.

Salah satu kekuatan yang ada pada DAY6 adalah kelima membernya bisa membuat lagu. Semua lagu yang ada di album diciptakan sendiri oleh para member sehingga kisah yang mereka sampaikan pun bisa dihayati di setiap penampilan.

Proses pembuatan lagu memang tak selalu mudah. Namun menurut Wonpil, tak semuanya harus dilakukan dengan rumit.

Seperti lagu 'You Were Beautiful' yang ternyata merupakan lagu dengan waktu pembuatan paling singkat.

"Saat itu kami sedang berkumpul untuk membicarakan konsep. Kemudian saat itu terpikir untuk membuat lagu menggunakan aplikasi 'Garage Band'. Dengan aplikasi itu kami bikin versi agak kasarnya," ungkap Wonpil.




"Dan lagu yang kala itu kami buat judulnya 'You Were Beautiful'. Lagu itu lagu tercepat yang pernah kami buat," lanjutnya.

Lalu, dari mana para member DAY6 mendapatkan inspirasi dalam pembuatan lagu?

"Saya pribadi kalau mendengarkan suara dari alat musik, langsung terinspirasi adegan dari suara tersebut. Kalau bikin lirik biasanya dengar dari cerita seseorang dan mendapatkan inspirasi dari situ," ujar Jae.

"Kalau soal compose lagu semakin didalami semakin jadi. Kalau spektrum saya makin luas, di situ saya mendapatkan inspirasi untuk compose musik saya," pungkasnya.


Simak Video "K-Talk Ep 16: Bersenang-senang Bareng DAY6"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com