detikHot

kpop

YG Entertainment Alami Penurunan dalam Penjualan Album

Selasa, 12 Nov 2019 13:54 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: YG Entertainment. Foto: YG Entertainment.
Jakarta - YG Entertainment adalah salah satu dari 3 manajemen terbesar di Korea Selatan. Selama bertahun-tahun, penjualan album artis di bawah naungannya selalu berada di urutan 3 besar.

Namun kini, penjualan album YG Entertainment mengalami penurunan. Berdasarkan 2019 Album Sales Top 20 Chart, YG Entertainment kini turun dari posisi tiga ke posisi lima, di bawah manajemen lainnya.

Data diambil berdasarkan Gaon Chart sejak Januari 2019 hingga Oktober 2019.

Posisi pertama diraih oleh Big Hit Entertainment, dengan penjualan terbesar dari BTS sebesar 94 persen dan sisanya oleh TXT. Di posisi kedua ada SM Entertainment dengan penjualan terbesar dari Baekhyun, Sehun dan Chanyeol, disusul oleh Chen dan NCT Dream.

Posisi ketiga saat ini ditempati oleh JYP Entertainment. TWICE masih mendominasi penjualan album dari manajemen tersebut, disusul oleh Stray Kids, GOT7, Day6, hingga ITZY.

Pledis menempati posisi keempat, dengan penjualan terbesar dari Seventeen dan NU'EST. YG Entertainment berada di posisi kelima.

Penjualan terbesar masih dipegang oleh BLACKPINK dengan lebih dari 40 persen. Di posisi kedua ada WINNER, Eun Jiwon, iKON, JINU, dan disusul oleh BOBBY.

Chart tersebut menunjukkan bahwa YG Entertainment, yang mendapat julukan BIG3 bersama SM Entertainment dan JYP Entertainment telah dikalahkah oleh Bih Hit Entertainment dan Pledis Entertainment.

Diketahui, 2019 memang bukan tahun yang baik bagi YG Entertainment. Berbagai skandal terjadi mulai dari prostitusi hingga narkoba, yang membuat Seungri, B.I, dan Yang Hyun Suk memilih hengkang.




Simak Video "BLACKPINK Dikabarkan Comeback Awal 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com