K-Talk Ep 12: Pendidikan Korea Berat Bak 'Sky Castle'? Ini Faktanya

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 07 Nov 2019 19:17 WIB
Foto: K-Talk (dok. 20detik)
Jakarta - Pendidikan Korea Selatan beberapa kali menjadi tema yang dipilih di sebuah drama. Salah satunya 'Sky Castle', yang membahas persaingan antara siswa yang mengerikan.

Drama Korea tersebut menjadi salah satu yang paling populer karena mengangkat tema yang dekat dengan publik. Digambarkan sekelompok keluarga kaya yang saling bersaing melalui pendidikan anak-anaknya, tanpa menyadari persaingan tersebut melukai sang buah hati.

Belum lama ini, detikcom berbincang dengan Chong Yong Pyong selaku Direktur dari Korean Cultural Center di Indonesia. Ia membahas banyak soal pendidikan di Korea Selatan, termasuk apakah yang terjadi di 'Sky Castle' adalah gambaran dari pendidikan Korea Selatan yang sangat ketat.



"Di drama Korea memang ada adegan di mana orang tua terobsesi dengan pendidikan anak-anaknya. Mungkin di realita juga ada, tapi tidak separah itu. Orang tua di Korea kerap menyeimbangkan kesehatan mental anak-anak dengan pendidikan. Kalau tidak begitu, Korea tidak akan bisa semaju sekarang," ungkapnya.

Korea Selatan memang menganggap penting pendidikan. Bahkan saat ujian masuk kuliah dimulai, pemerintah secara khusus memerintahkan para pemilik perusahaan untuk memundurkan jam kerja, hingga mengontrol waktu pendaratan pesawat agar tak mengganggu ujian.

Melihat pentingnya pendidikan di Korea Selatan, mereka juga tak menutup kemungkinan untuk memberikan beasiswa pada mahasiswa asing yang tertarik belajar di sana. Bagaimana detilnya?

Yuk tonton K-Talk episode 12!

[Gambas:Video 20detik]

(dal/nu2)