detikHot

kpop

K-Talk Ep 8: Debut SuperM, Kesuksesan atau Kegagalan?

Kamis, 10 Okt 2019 19:18 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: K-Talk (dok. 20detik) Foto: K-Talk (dok. 20detik)
Jakarta - SuperM resmi debut pada 4 Oktober 2019 lalu. Mendapatkan sebutan 'Avengers of K-Pop', para membernya terdiri dari idola-idola terbaik di SM Entertainment.

Taemin, Lucas, Kai, Mark, Ten, Baekhyun, dan Taeyong sementara waktu meninggalkan grup mereka masing-masing untuk memfokuskan diri debut di Amerika Serikat. SuperM telah tampil pertama kali sebagai grup pada 5 Oktober lalu di Hollywood, bahkan tampil di 'The Ellen Show'.

Di K-Talk episode ke-8 ini, kami mengajak fans untuk membahas langsung soal debuh SuperM. Ternyata, tak sedikit pro dan kontra yang terjadi, apalagi proyek ini juga ditakutkan 'mengorbankan' nasib para member lain di grup SHINee, EXO, NCT127, dan WayV.

Sehingga, banyak yang melakukan protes kepada SM Entertainment, hingga meminta proyek SuperM dibatalkan. Walaupun begitu, para member meyakinkan bahwa proyek ini tak akan pernah mengganggu aktivitas utama mereka bersama grup asal.



Bahkan, Kai, saat diwawancara beberapa waktu lalu, menegaskan aktivitasnya bersama EXO tak akan terganggu. Ia bahkan menegaskan EXO saat ini tengah mempersiapkan album baru.

Kemudian bicara soal posisi lagu 'Jopping' di tangga lagu, ternyata tak cukup mengesankan. Lagu berbahasa Inggris tersebut tak tampak muncul di chart Billboard, bahkan chart di negara asal mereka sendiri, Korea Selatan.

Lalu, bagaimana pendapat para fans soal debut SuperM? Apakah sebuah kesuksesan atau merupakan proyek yang sia-sia?

Yuk cek selengkapnya obrolan tentang SuperM di K-Talk episode 8.

(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com