Alasan BTS Tetap Tampil di Arab Saudi

Nugraha - detikHot
Senin, 07 Okt 2019 13:58 WIB
Foto: Dok. Instagram
Jakarta - BTS akhirnya bicara soal konser mereka di Arab Saudi yang bakal digelar 11 Oktober 2019. Mereka menyebut itu bukan keputusan yang mudah.

Tampil di sana membuat mereka mendapat kritik karena isu pelanggaran hak asasi manusia di negara kerajaan tersebut.

"Saya tak akan mengatakan itu mudah," kata RM kepada The Hollywood Reporter.

"Jika ada tempat di mana orang ingin melihat kita, kita akan pergi ke sana. Itu benar-benar perasaan kita," tambah Jimin.

Beberapa penggemar langsung memperlihatkan pro dan kontra atas konser yang diumumkan sejak Juli itu. Salah satunya karena pesan tur BTS 'Love Yourself' berbanding terbalik dengan kriminalisasi hubungan sesama jenis di Arab Saudi.

Pengumuman konser itu diketahui beberapa minggu setelah rapper Nicki Minaj membatalkan konsernya di negara itu. Alasan rapper Amerika itu batal karena baginya penting mendukung hak-hak perempuan, komunitas LGBTQ dan kebebasan berekspresi.

Sebelum BTS, Super Junior terlebih dahulu konser di negara itu. Mereka tampil dalam festival musik terbesar di Arab Saudi, Jeddah Season, 13 Juli 2019.

Festival tersebut digelar untuk mempromosikan Jeddah sebagai kota destinasi turis. Dalam acara itu, hadir juga Stray Kids, boyband besutan JYP Entertainment.

Tur 'Love Yourself: Speak Yourself' telah berjalan sejak 4 Mei 2019 dan akan selesai pada 29 Oktober 2019 di Kota Seoul. Sementara konser di Riyadh, Arab Saudi, ini akan digelar pada 11 Oktober.

Simak Video "Sudah 6 Minggu, BTS Masih Kokoh di Puncak Billboard Hot 100"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)