detikHot

kpop

Profil Lay EXO yang Hari Ini Berulang Tahun dan Jadi Trending Topic

Senin, 07 Okt 2019 12:07 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Profil Lay EXO yang Hari Ini Berulang Tahun dan Jadi Trending Topic Foto: Lay EXO (Jon Kopaloff/Getty Images) Profil Lay EXO yang Hari Ini Berulang Tahun dan Jadi Trending Topic Foto: Lay 'EXO' (Jon Kopaloff/Getty Images)
Jakarta - Lay EXO merayakan ulang tahunnya yang ke-28 hari ini, Senin (7/10/2019). Penggemarnya pun bersiap untuk merayakan ulang tahun Lay dengan membuatnya menjadi trending topic Twitter di seluruh dunia.

Penggemar Lay menggunakan tagar #HoneyLayDay untuk meramaikan ulang tahunnya. Mereka pun beramai-ramai memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Lay.



Berikut profil dan biodata Lay EXO seperti dirangkum detikHot:

1. Berusia 28 Tahun

Zhang Yixing atau yang lebih dikenal dengan nama Lay Zhang lahir di Changsha, Hunan, China pada 7 Oktober 1991. Ulang tahunnya yang ke-28 jatuh pada hari ini dan dirayakan oleh penggemar EXO di seluruh dunia.

2. Dulunya Bintang Cilik

Lay memulai kariernya di dunia hiburan sebagai aktor cilik. Ia melakukan debut aktingnya pada tahun 1998 lewat drama televisi China berjudul We the People.

Lay baru dekat dengan dunia K-pop setelah mengikuti audisi global SM Entertainment pada tahun 2008. Saat itu ia berusia 16 tahun dan masih bersekolah di High School Attached to Hunan Normal University.

3. Debut Bersama EXO

Setelah lulus audisi untuk menjadi trainee SM Entertainment, Lay langsung pindah ke Korea Selatan. Pada tahun 2011, beberapa saat sebelum debutnya bersama EXO, Lay pernah kerja bareng SHINee saat tur mereka sebagai dancer pengganti Jonghyun.

Lay kemudian resmi diumumkan sebagai member EXO pada 17 Januari 2012. Ia juga menjadi anggota EXO-M yang merupakan sub-grup dari EXO. Lay sempat direncanakan menjadi ketua EXO-M, tapi ia digantikan dengan Kris.



4. Aktivitas Solo

Sukses bersama EXO mendorong Lay untuk mengembangkan karier solonya. Hingga saat ini, Lay telah meluncurkan dua album solo yaitu Lay 02 Sheep (2017) dan Namanana (2018).

Lay juga pernah berkolaborasi dengan DJ Alan Walker pada tahun 2018. Keduanya membawakan lagu solo Lay berjudul 'Sheep' yang telah di-remix dengan sentuhan khas Alan Walker.

Tidak hanya menjadi penyanyi, ia juga melebarkan sayapnya ke dunia akting di China. Beberapa film dan drama yang pernah ia bintangi antara lain Ex-Files 2, Oh My God, The Island, To be a Better Man, Operation Love dan masih banyak lagi.

5. Masuk Daftar Artis Terkaya di China

Pemilik akun Instagram @zyxzjs ini merupakan salah satu artis China yang banyak mendapatkan tawaran sponsor dan endorsement. Ia telah menjadi brand ambassador dari beberapa merk ternama seperti Converse, Valentino, Ray-Ban, Calvin Klein, Perrier dan masih banyak lagi.

Berkat kesuksesannya sebagai member EXO dan kesempatan menjadi brand ambassador, pada tahun 2017 Lay masuk dalam daftar Forbes China Celebrity 100 di peringkat 20 dengan perkiraan pendapatan sebesar 120 juta Yuan.

6. Suka Beramal

Walau masuk dalam daftar artis terkaya, Lay EXO tetap dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan senang beramal. Pada tahun 2015, ia mendirikan yayasan bernama Zhang Yixing Arts Scholarship yang menyediakan beasiswa untuk sekolah almamaternya di mana ia akan menyumbangkan 100 ribu Yuan setiap tahunnya.

Selain itu pada tahun 2017, Lay menghadiri BAZAAR Stars' Charity Night dan menyumbangkan 15 mobil ambulan dengan nilai total 1,05 juta Yuan.


Simak Video "Lay EXO Bakal Hadir di Acara Grammy ke-61"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com