detikHot

kpop

K-Talk Ep 4: Di Balik Kontroversi 'Produce 101'

Kamis, 12 Sep 2019 16:27 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Produce X 101 (dok. Mnet) Foto: Produce X 101 (dok. Mnet)
Jakarta - Tak sedikit remaja di Korea Selatan bermimpi menjadi idola. Dengan janji popularitas global dan penghasilan yang tak sedikit, mereka bahkan merelakan sekolah demi menjadi trainee di sebuah manajemen artis.

Namun, menjadi seorang idola tentunya tak semudah itu. Di satu manajemen artis K-Pop saja, ada sekitar 100 hingga 200 trainee yang berusaha keras melatih kelenturan tubuh dan suara hingga dinyatakan pantas debut.

Beberapa tahun lalu, para trainee bisa menghabiskan waktu lima hingga tujuh tahun hingga pada akhirnya debut dalam sebuah grup. Kini, sebuah program audisi ditayangkan khusus untuk menjaring trainee-trainee dari berbagai manajemen yang pantas didebutkan.

Program tersebut bernama 'Produce 101', yang memilih 101 trainee untuk saling bersaing hingga akhirnya debut dalam sebuah grup yang terdiri dari 11 orang. Nantinya, para trainee akan dieliminasi berdasarkan voting yang dilakukan oleh fans.



Namun setelah 4 musim digelar, 'Produce 101' memicu kontroversi. Mnet, sebagai stasiun TV yang menyiarkan program tersebut, diduga melakukan kecurangan dalam sistem voting.

Bahkan, permasalahan tersebut sudah dilaporkan ke pihak berwajib. Polisi sudah melakukan penggeledahan, tak hanya di kantor Mnet, namun juga kepada para pegawai untuk menemukan bukti.

Dan pada akhirnya, ditemukan bukti berupa percakapan antara para staf terkait kecurangan tersebut.

Pihak kepolisian pun akhirnya melebarkan penyelidikan, dan mulai menginvestigasi program Mnet lainnya seperti 'Idol School' dan 'Show Me the Money'.

Seperti apa cerita lengkapnya? Yuk nonton K-Talk episode ke-4 di bawah ini!

[Gambas:Video 20detik]


(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com