detikHot

kpop

K-Talk Ep 1: 'Umpah Umpah' dan Kontroversi Comeback Red Velvet

Kamis, 22 Agu 2019 16:27 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Dok. YouTube Foto: Dok. YouTube
Jakarta - Setelah sebelumnya sukses dengan Zimzalabim, Red Velvet kembali merilis lagu baru bertajuk 'Umpah Umpah'. Lagu tersebut masuk dalam album terbaru mereka, 'The Reve Festival: Day 2'.

Bukan Red Velvet namanya jika tak mencuri perhatian dengan judul lagu yang catchy dan musik unik. Wendy Cs selalu berhasil membuat fans terheran-heran, bahkan berdebat soal lagu rilisan mereka.

Video: K-Talk: ''Umpah-umpah'' Summer Versi Red Velvet

[Gambas:Video 20detik]


Hal tersebut terjadi saat 'Zimzalabim' dirilis. Tak sedikit yang mengungkapkan kekecewaan, namun ada juga yang langsung jatuh cinta dalam sekali dengar.

Berbeda dengan sebelumnya, 'Umpah Umpah' memiliki melodi yang mudah didengar sehingga tak perlu berkali-kali diputar agar terbiasa. Ceria, manis, khas musim panas, dan tentunya sangat cocok dengan citra Red Velvet.

Dan yang bikin orang penasaran, sebenarnya apa sih arti di balik judul 'Umpah Umpah'?

Jika dilihat di situs Merriam Webster, Umpah atau Oompah merupakan suara iringan bass berirama yang berulang-ulang. Ada juga yang mengartikan sebagai bunyi napas saat seseorang tengah berenang.

Lalu apa hubungannya dengan inti dari lagunya? 'Umpah Umpah' seperti mengajak seseorang untuk bersenang-senang bersama, membuat sebuah kenangan yang tak terlupakan. Dalam liriknya, banyak ajakan untuk bernapas bersama mengikuti tempo seperti terinspirasi dari cara berenang.

Namun di balik itu semua, terdapat kontroversi yang muncul tepat sebelum 'Umpah Umpah' dirilis. Seorang desainer asal New York, Paris 99, mengklaim Red Velvet telah menjiplak karyanya.

Tudingan tersebut disampaikan melalui akun Instagram yang memiliki lebih dari 9000 pengikut. Paris mengunggah foto-foto pakaian yang dikenakan oleh Red Velvet dan membandingkannya dengan karyanya sendiri.

"Saya sangat menghargai banyaknya orang yang menarik perhatian saya ke grup K-Pop @redvelvet.smtown yang mengenakan pakaian yang terinspirasi dari karya saya. Tak seorang pun dari tim @smtown yang mengajak saya berkolaborasi dalam desain, yang mana akan dengan senang hati saya terima," ungkapnya.

"SM Entertainment juga mengambil gambar yang kami desain bersama artis @ondine.vinao. Sangat sedih melihat sebuah perusahaan besar yang seharusnya bisa membantu seorang desainer kecil malah mengambil kerja keras kami dan menganggapnya sebagai milik mereka," tulis Paris.

Hal ini tentunya melukai citra Red Velvet sebagai grup dan juga SM Entertainment sebagai sebuah perusahaan besar. Karena hingga kini, pihak manajemen sama sekali belum memberikan pernyataan soal tudingan tersebut.

Walaupun begitu, musik Red Velvet tetap mendapatkan penghargaan dari publik. 'Umpah Umpah' berada di posisi keempat dalam chart lagu Korea Selatan.

Selain itu, MV 'Umpah Umpah' sudah ditonton lebih dari 12 juta kali sejak dirilis 2 hari yang lalu. Selamat, Red Velvet.

Nah, kita punya hadiah spesial nih buat fans Red Velvet. detikHOT bagi-bagi 2 CD album terbaru Red Velvet untuk 2 pemenang yang beruntung.

Caranya gimana? Tonton videonya sampai habis, ya!
(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com