detikHot

kpop

Politisi Korea Tuding Mnet Manipulasi Voting di Final Produce X 101

Rabu, 24 Jul 2019 12:33 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: X1 (dok. Instagram) Foto: X1 (dok. Instagram)
Jakarta -

Produce X 101 baru saja selesai tayang. Akhirnya, terpilih 11 orang trainee yang akan debut di bawah nama X1.

Mereka adalah Kim Yohan, Kim Wooseok, Han Seungwoo, Song Hyeongjun, Cho Seungyoun, Son Dongpyo, Lee Hangyul, Nam Dohyon, Cha Junho, Kang Minhee, dan Lee Eunsang. Namun, final acara yang disiarkan Mnet itu memicu kontroversi terkait voting.

Dikutip dari Koreaboo, Ha Tae Kyung, selaku politisi dari Partai Bareun Mirae, menuding Mnet dan Produce X 101 telah memanipulasi jumlah voting di episode final. Ia bahkan meminta kejaksaan untuk segera mengusut kasus ini.

Melalui akun Facebook-nya, Ha menyebut Mnet dan Produce X 101 telah melakukan penipuan terhadap fans dan juga para penikmat acara TV tersebut. Ia mengaku sudah bertanya pada ahli matematika, dan menemukan keanehan pada hasil voting.



"Dari posisi pertama hingga 20, ada nomor suara tertentu yang merupakan kelipatan dari (7944,44) dan perhitungan tersebut merupakan posisi pertama (178 kali) sampai posisi 20 (38 kali). Saya bertanya kepada ahli matematika yang saya kenal, dan mereka bilang probabilitas statistik dari 20 angka ini, dari posisi pertama hingga 20, sebenarnya adalah 0. Artinya, hasil pemungutan suara sudah ditentukan sebelumnya," tulis Ha Tae Kyung.

"Manipulasi dari program audisi remaja ini termasuk kasus penipuan dan korupsi yang jelas. Mereka memilih menyakiti fans yang sudah mendukung dan memberikan vote untuk idola mereka. Skandal ini membuat para remaja memiliki pandangan menyimpang soal demokrasi. Kasus ini harus dibawa ke kejaksaan sehingga kebenaran bisa terlihat," pungkasnya.

Mengenai hal ini, pihak Mnet hingga kini masih memilih untuk bungkam. Namun apa pun yang terjadi, X1 sudah dijadwalkan debut pada 27 Agustus 2019 lewat showcase yang digelar di Gocheok Sky Dome, Korea Selatan.




Simak Video "Polisi Temukan Bukti Kecurangan Voting 2 sampai 3 Member X1"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com