DetikHot

kpop

Kasus Bunuh Diri Aktris Jang Ja Yeon Kembali Jadi Perbincangan

Rabu, 20 Mar 2019 14:01 WIB  ·   Febrina Arifin - detikHOT
Kasus Bunuh Diri Aktris Jang Ja Yeon Kembali Jadi Perbincangan Foto: Jang Ja Yeon (dok. Asianwiki)
Jakarta - Kasus kematian aktris Jang Ja Yeon kembali menjadi topik perbincangan. Aktris yang membintangi drama 'Boys Over Flowers' itu meninggal dunia karena bunuh diri pada tahun 2009 silam.

Sebelum merenggut nyawanya sendiri, Jang Ja Yeon meninggalkan surat berisi pengakuan tentang pelecehan seksual yang ia alami semasa hidupnya.

Melalui surat tersebut, Jang Ja Yeon mengaku telah dipaksa untuk melakukan jasa seksual terhadap sejumlah orang penting di industri hiburan oleh agensi The Contents Entertainment yang menaunginya kala itu.

Selain itu Jang Ja Yeon juga mengungkap 31 nama petinggi dunia hiburan yang terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap dirinya.

Meski begitu hanya CEO dari agensi dan manajernya lah yang ditahan oleh pihak kepolisian, sedangkan daftar nama pelaku pelecehan seksual yang ditinggalkan oleh sang aktris tidak terungkap kepada publik.

Melalui gerakan #MeToo, berbagai organisasi yang memperjuangkan hak wanita meminta agar kasus bunuh diri Jang Ja Yeon dibuka dan diselidiki kembali dengan membuat petisi yang di tanda tangani oleh 200.000 orang.

Dan pada tahun lalu, aktris Yoon Ji Oh yang merupakan teman lama dari mendiang Jang Ja Yeon muncul sebagai saksi atas kasus pelecehan seksual yang dialami temannya itu.

Yoon Ji Oh mengaku telah memberikan kesaksian sebanyak 13 kali kepada polisi namun kesaksiannya tidak pernah diterima oleh kepolisian.

Dan melalui pernyataan yang dirilis, Presiden Moon Jae In memerintahkan segala pihak untuk mengungkap berbagai kasus besar yang tengah dihadapi oleh Korea Selatan. Selain kasus Burning Sun dan prostitusi Seungri, presiden memerintahkan pihak berwajib untuk mengusut kasus Jang Jae Yeon hingga tuntas.


(dal/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed